Presiden Anda


Ini menyangkut kriteria, tentang apa yang saya inginkan dari orang yang memimpin atau bakal menjadi presiden. Karena itu, sifatnya personal.

Comedy and tragedy

Dia harus lebih dari segala apa yang ada pada saya. Satu pengecualian yang bisa saya terima adalah hartanya. Dia boleh lebih miskin dari saya. Tapi soal kemampuan intelektual, martabat, kharisma, gaya bicara, visi, trackrecord, kapabilitas manajerial, tingkat kepercayaan diri, dan agamanya, harusnya tidak boleh lagi ada pertanyaan, tidak bisa ada keraguan. Dengan tingkat akses informasi yang luar biasa seperti saat ini, maka ketidaktahuan seseorang terhadap orang yang bakal memimpin memang agak meragukan. Namun, realitasnya memang, masih juga ditemukan mereka yang berada di pelosok yang jauh dari sumber informasi, mereka yang tidak melek informasi, hingga orang yang memang tidak suka soal informasi karena lebih sibuk dengan urusannya sendiri. Kalau Anda berkenan, tentulah akan menjadi pahala bagi Anda untuk menyebarkan informasi secara jujur dan adil terhadap sosok-sosok orang yang berniat untuk memimpin. Kalau pun tidak, konstitusi kita pun tidak melarang.

Gagasannya, bila Anda menerima pemimpin yang lebih bodoh dari Anda, maka alangkah bodohnya Anda.

Karena itu, ketika Anda menyusun kriteria calon pemimpin tentulah dia berada dalam tahap ideal. Kita bisa menduga, calon ideal itu akan sangat-sangat sulit untuk didapatkan. Sesuatu yang seharusnya dengan sesuatu yang terjadi atau antara das solen-das sein, pasti selalu terjadi. Karena itu, jangan turunkan level ideal pimpinan Anda. Bayangkan saja kalau ketika Anda menyusun kriteria pemimpin itu saja sudah tidak ideal ataupun sederhana, maka ketika dia turun ke level realitas, akan  semakin turun pula yang akan Anda dapatkan. Teorinya sih, gitu.

Untuk sementara, itu dulu, deh. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s