Pilkada Jakarta, Sebuah Headline


Sudah usai memang bancakan politik di ibukota. Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama disepakati dalam bancakan itu. Sebutan untuk keduanya –Jokowi untuk Joko Widodo dan Ahok untuk Basuki Tjahaja Purnama– lantas menjadi semacam jaminan mutu untuk merangsang seseorang melongok ke layar kaca atau lembaran media. Kemudian sebuah majalah ternama Jakarta besar-besar memajang “kata baru”: Jokowinner. Mungkin kata itu memendam euforia atau mungkin saja sebuah tagline baru untuk memerlaris penjualan majalah itu. Orang-orang, maksudnya konsumen, adalah sejenis makhluk yang cepat bosan bila disuguhkan dengan hal serupa setiap saat. Konsumen adalah raja, begitu diktumnya. Karena dia raja, maka adalah tugas pelayan-pelayannya untuk memuaskannya dengan segala cara. Mereka tahu, sang raja adalah juga seorang bocah yang berbaju bongsor; kognisinya tak sebesar kekuasaannya. Raja suka sekali dengan mainan baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s