El Classico 2012


Tahun 2011 dan pembukaan 2012 ditandai perang nan hebat antara Iran dan Amerika Serikat plus NATO. Ini peperangan antara dua wakil dari peradaban besar dunia; peradaban Persia versus Romawi dalam bentuk Amerika+Eropa. Di 2011 pemanasannya dan mungkin di 2012 kita akan menyaksikan pertandingan yang sesungguhnya. Ini menjadi penentu masa depan dunia.

Yang tidak berada di pusaran dua peradaban itu, tentulah berada di pinggir. Yang berada di pinggir, tentu Anda sama-sama tahu; penonton. Dan di antara penonton itu, menyimak dengan serius para calon-calon lawan dari kedua peradaban tersebut. Ada peradaban China dan India, dan ada juga yang ingin masuk dalam top elit peradaban dunia.

The beast and the beauty ataupun David versus Goliath mungkin menjadi judul yang tendensius dan tak netral. Namun, untuk sebuah tontonan yang menggelorakan, tentulah sikap “netral” tak punya gairah sama sekali. Berpihaklah dan nikmatilah.

Jangan bicara kemanusiaan di sini. Karena rasa kemanusiaan Anda, toh, hanya menjadi santapan empuk para singa dan serigala.

Mari menonton the real el-classico di 2012. See u there

* * *

foto: The Nightmare (1781) by Henry Fuseli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s