Abang dan Adiknya


Si Adik tidur dengan pulasnya di pangkuan abangnya yang juga tertidur. Mulutnya setengah menganga. Si Abang bersandar pada dinding tangga. Tangannya menyangga badan adiknya dan kepala mereka berdua berdempet. Baju mereka rombeng, kulitnya dekil. Barangkali, mereka kelelahan “bekerja” seharian. Kedua bersaudara itu pulas betul.

Mereka itu mengemis. Di depan mereka tergeletak sebuah mangkok kecil, mungkin terbuat dari plastik, dan sebuah botol air minum mineral.

Entah siapa orang tua mereka, waktu itu mereka tak di situ. Aku yakin, adiknya yang masih balita itu tak tahu mengapa mereka mengemis dan kemudian tertidur di pinggir tangga itu. Abangnya juga mungkin tak tahu banyak. Tapi yang pasti dia sudah mengerti kelau mereka bisa mendapat uang bila mengemis.

Ah, sayang betul si Abang kepada adiknya. Sayang dan cinta, walau kadang-kadang pasti ada jengkelnya juga. Balita pasti terkadang menjengkelkan, mungkin kala sedang minta buang air atau rewel kala lapar. Namun pada saat mereka sedang tertidur itu, jelas tergambar bagiku kalau mereka berdua diikat oleh kasih sayang yang tak terkatakan.

Aku belum bisa berbuat banyak. Setidaknya untuk saat ini. Tapi yakinlah, aku telah berdoa untuk kalian kepada sang mahacinta. Mudah-mudahanlah kalian mendapatkan berkah, rahmat, anugerah yang tak terhingga dari sang maha cinta, apapun itu bentuknya, apakah kita mengerti atau malah tak paham sama sekali. Yakinlah, kalian berdua akan bahagia. Aku yakin.

Salam untuk kalian.

* * *

(Foto ini entah foto siapa dan diambil di daerah mana. Namun pernah menjadi profile picture salah seorang teman bbm saya)

3 thoughts on “Abang dan Adiknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s