Monumantra


Bahwa bukanlah kebenaran dan kebaikan itu ditunjukkan oleh luasnya samudera, oleh mayoritas ulama yang berkata mengenai kebenaran hal sesuatu. Sesungguhnya kebenaran itu akan dirahasiakan secara diam-diam dan misterius namun nyata dalam kesunyian, dalam minoritas, dalam sesuatu yg membuat kita buta dan merasa kebenaran tidak akan muncul daripadanya. Penderitaan merupakan salah satu penunjuk arah jalan yang gulita itu.

Bahwa agama itu sangat rentan terhadap politisasi. Satu sisi menguntungkan, satu sisi menghancurkan.

Persoalan theologi mungkin tak mendapat relevansinya lagi, namun kejadian aksi teror dan mengemukanya soal NII, menjadikan hal ini sebagai sebuah diskursus yang tak juga kunjung usai, malah semakin kuat relevansinya.

Format baru masalah Islam politik adalah bukan sekedar Islam sebagai ideologi negara, pertanyaannya: “Adakah bentuk negara Islam dalam era di mana demokrasi sedang berada di puncaknya, yang lebih kukuh dari konsep Republik Islam Iran?”

Tentulah monarki di masa kini adalah warisan masa lalu yang aneh untuk diikuti saat ini. Tak hanya monarki aneh di Arab Saudi, Kuwait dan kawan-kawannya, tapi juga monarki Inggris, Spanyol, et cetera.

Al-sab, pemaduan Res Publica-nya Plato dengan Wilayat-ul Faqih Khomeini, adalah ijtihad terbesar abad 20 dan 21. Karena dia lahir dari proses ijtihadi, maka tidaklah dia masuk dalam alam sacred melainkan profan, yang juga terbuka untuk dibongkar kembali. Demikian jugalah kala dari Alquran dan Muhammad, Anda menemukan rangkaian mutiara-mutiara yang lebih mengkilap dari mutiara yang telah digenggam Khomeini. Maka, bukankah keanehan kalau Anda memandang demokrasi adalah suatu hal sakral?

Kalaulah persoalan negara sudah final, lalu mengapa ada missing link dari keterangan soal bernegara dalam Alquran dan Muhammad? Mengapa isu sepenting ini sampai tak begitu penting untuk dibahas?

“Monumantra!” seru seseorang. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s