Sebastian Vettel, Juara Muda


Sebastian Vettel sudah banyak mencatat rekor sebagai pembalap termuda di beberapa kategori. Kini, pangeran belia itu sudah naik takhta menjadi raja yang sesungguhnya.

Vettel memastikan diri sebagai juara dunia usai menjuarai GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (14/11/2010). Di klasemen, pembalap Red Bull itu melewati Fernando Alonso dan Mark Webber yang sebelumnya lebih unggul.

Vettel menorehkan sejumlah catatan mengagumkan. Menjadi juara dunia termuda di usia 23 tahun 134 hari dan menggusur catatan Lewis Hamilton yang jadi jawara di umur 23 tahun 300 hari adalah yang utama.

Selain itu, Vettel juga menjadi orang Jerman kedua setelah Michael Schumacher yang pernah jadi juara dunia F1. Vettel mengekor jejak Schumi yang terakhir jadi jawara sejagat tahun 2004.

Lahir di Heppenheim, 3 Juli 1987, Vettel memulai karirnya di ajang gokart pada tahun 1995, alias saat berusia 8 tahun. Tahun 2003, ia mulai menggember mobil open wheel, tepatnya di Formula BMW.

Tahun 2006, Vettel diberi kesempatan untuk menjajal mobil F1 milik tim Williams di GP Turki. Namanya pun tercatat sebagai pembalap termuda yang pernah mengendarai mobil F1 di usia 19 tahun 53 hari.

Setahun berselang, Vettel dikontrak sebagai test driver BMW. Bak durian runtuh, Vettel diberi kesempatan membalap di GP Amerika Serikat karena pembalap utama BMW, Robert Kubica, cedera di GP Kanada.

Vettel tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Finis di posisi kedelapan, Vettel menjadi pembalap termuda yang pernah meraih angka di sebuah balapan di usia 19 tahun 349 hari, mengalahkan rekor Jenson Button di usia 20 tahun 67 hari di GP Brasil 2000.

Tiga seri usai GP AS, Vettel digaet sebagai pembalap Toro Rosso. Di akhir musim bos Red Bull (induk Toro Rosso), Dietrich Mateschitz, bilang, “Vettel adalah salah satu pembalap muda dengan potensi luar biasa. Dia cepat, pintar dan dia sangat berminat belajar sisi teknis.”

Tahun 2008, masih bersama Toro Rosso, Vettel mencatat rekor lain. Berkat sukses menjuarai GP Italia yang berlangsung dalam kondisi basah, Vettel menjadi pembalap termuda yang menjuarai sebuah lomba di usia 21 tahun 74 hari. Sebelumnya, di kualifikasi, Vettel juga menjadi pembalap termuda yang bisa menduduki pole position.

Bos Toro Rosso, Gerhard Berger, meramal bahwa Vettel suatu saat akan jadi juara dunia. Sementara di Jerman, media memberikan julukan ‘Baby Schumi’ untuk membandingkan kepiawaiannya menaklukkan balapan basah seperti yang pernah dimiliki Schumacher.

Tahun 2009 Vettel hijrah ke tim induk Toro Rosso, Red Bull. Memenangi empat seri (China, Inggris, Jepang dan Abu Dhabi), Vettel menyudahi musim itu dengan status runner-up di bawah pembalap Brawn GP, Jenson Button.

Semua catatan-catatan mengesankan yang ditorehkan Vettel mencapai kulminasinya musim ini. Vettel ‘Sang Pangeran’ resmi sudah menjadi raja baru Formula 1. (detik.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s