Assalamualaikum, Pak Budiman S Hartoyo


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Perjumpaan kita secara langsung hanya sejenak saja, pada sebuah bulan di tahun 1999. Badanmu ringkih dan kacamatamu tebal. Dan waktu itu, engkau sedang memberi pelajaran tentang jurnalistik, tidak hanya kepadaku. Kita memang tidak sedang bercakap-cakap dan engkau pun ketika di sepuluh atau sembilan tahun kemudian kita berjumpa kembali di dunia maya, tak kenal dengan aku. Tapi aku mengenalmu, walau tak banyak, walau tak dalam. Aku pun memang tak berusaha untuk menggali ingatanmu pada pertemuan di 1999 itu dan sewaktu aku bergabung dengan PWI Reformasi yang engkau dirikan. Tak usahlah, biar aku saja yang mengenalmu.

Pak Bud, semua tulisan di blogmu kubaca habis, dan tanpa seizinmu kuhubungkan antara blogku dengan salah satu blogmu. Aku ingin lebih mudah mengakses tulisanmu. Untuk soal jurnalistik maupun yang lain. Di blog ini, link blog-mu, insya allah, tidak terhapus dengan sengaja olehku. Dulu, laksana anak kecil mendapatkan permen, aku telah mendapat kehormatan ketika engkau berkunjung ke blog ini dan memberikan komentar atas tulisanku: “Wafatnya (para) Penyair”.

Dan kini, engkaulah yang wafat. Engkau pergi melakukan perjalanan yang jauh lebih panjang menuju Yaum Al-akhir. Bekalmu pasti sudah sangat-sangat banyak dan masih akan banyak lagi yang akan dikirimkan kepadamu di sana oleh orang-orang yang masih di dunia ini. Dengan segala rupamu, orang-orang pasti punya anggapan yang berbeda tentangmu. Bisa baik, bisa buruk, bisa husnudzon, bisa pula su’udzon. Tapi bagiku, engkau adalah orang baik. Engkau adalah orang baik.

Pak Budiman S Hartoyo. Allah-lah yang lebih berhak mendapatkan cintamu.

Fastabiq al-khairat

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nirwan.

2 thoughts on “Assalamualaikum, Pak Budiman S Hartoyo

  1. Salam kenal,
    Saya Bobby mo ngenalin produk IT dimana kita bisa
    membuat
    website tanpa pusing mengurusi masalah space hosting,
    bandwith,program web
    & Designnya.
    Kini ada web yang simple dalam
    pengaktifannya, layaknya kopi
    instans yang tercakup di dalam satu
    sachet,
    Jadi produk web ini namanya
    Webfor instans, mo lebih
    jelas coba buka websitenya
    WWW. Webforinstan.com.
    thanks alot

    Like

  2. Kemaren aku baru buka akun facebook nya Om Bud. Tadi aku iseng masuk ke blog mu ini. Lagi-lagi ketemu Om Bud. Aduh, aku tiba-tiba jadi rindu dengan sms-sms dia. Rindu pada pelukan tubuh kecilnya saat pesta pernikahanku di Jakarta awal 2010 lalu. Rindu dengan instruksi-instruksi tegas soal integritas. Om Bud… kami merindumu…

    yup, kami merindu.πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

