Palestina Dibantai, SBY ke Kebun Binatang


Ketika pembantaian di Palestina menginjak hari ke sembilan, Presiden Republik Indonesia, Soesilo Bambang Yudhoyono, jalan-jalan ke kebun binatang Ragunan.

* * *

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Indonesia adalah bangsa yang sungguh terpuji di seluruh dunia ini. Kalimat pertama dari Pembukaan UUD 1945 menunjukkan itu. Itu adalah kalimat pertama, sekali lagi, kalimat pertama dari seluruh rangkaian kalimat yang oleh negara ini dianggap sebagai sesuatu yang sakral, sesuatu yang tidak boleh diubah-ubah, yang abadi. Pembukaan tak seperti batang tubuh UUD 1945. Kalimat itu adalah kalimat yang tak bisa ditafsirkan lagi dan sudah dipastikan benar. Dia diinginkan seperti ayat-ayat mutlak.

Kalimat itu menyiratkan sebuah semangat, sebuah gerakan, seruan, ancaman, harapan, dan doa, serta tidak lagi memakai kata “agar” tapi “harus”. Penjajahan harus dibumihanguskan di atas dunia ini. Dia sudah menjadi hukum paling tinggi dari negara ini. Dia adalah kewajiban dari negara, karena itu bila dia tidak dilaksanakan maka berdosalah bangsa dan negara ini.

Kalimat itu ditulis dari tinta penuh darah, banjir keringat, pengorbanan harta benda atau apapun itu, disokong dengan sikap keberanian untuk berada di bawah intimidasi dan acungan senjata di kepala para founding father. Itu merupakan rasa getir, kesedihan, dan mungkin juga kegelisahan serta kekesalan terhadap satu kata: penjajahan.

Kalimat itu bukanlah sebuah kalimat untuk mengasihani sebuah bangsa yang terjajah. Kalimat itu bukan untuk Indonesia saja, tapi untuk seluruh bangsa-bangsa di dunia. Kalimat itu memerintahkan untuk memerdekakan seluruh bangsa di dunia ini. Kalimat itu bukan sebuah kalimat untuk melegakan, bukan kalimat untuk “takziyah” menenangkan hati.

Kalimat itu bukan untuk dihafal, dirapal atau dicetak sebanyak-banyak ke seluruh pelosok negeri. Dia adalah nyawa seluruh bangsa dan negara Indonesia. Dia adalah nyawa, sekaligus nafas dan darah bagi berdirinya Indonesia. Karena kalau kalimat itu tidak ada, maka Indonesia tidak akan pernah ada.

Indonesia adalah sebuah bangsa dan negara yang didirikan di atas darah para pahlawan. Tapi kini, para pahlawan itu tak lebih dari sekedar bangkai-bangkai saja!

21 thoughts on “Palestina Dibantai, SBY ke Kebun Binatang

  1. Kalimat ….penjajahan diatas dunia harus dihapuskan………. bukan “penjajahan di NKRI harus dihapuskan” artinya ini bukan slogan belaka jika komitmen maka setidaknya andil dalam penghapusan penjajahan di negara manapun juga. Apapun upayanya setidaknya dunia tau bahwa Indonesia dalam pembukaan UUD45 jelas2 tidak menghendaki adanya penjajahan di muka bumi ini.

    Bukan nengokin ………(kata tetangga)

    Like

  2. bang nirwan .. skali2 boleh lah, namanya jg refresing ..

    meskipun sambil menyelam mium air.. hehehe

    Presiden gak boleh refreshing di saat situasi sangat genting. Itu menggambarkan ketakutan dan kekonyolannya SBY dan tim-timnya menghadapi 2009. Itu kampanye busuk di tengah kondisi-kondisi yang bau busuk. Rakyatnya berdoa, berdemonstrasi soal Palestina, dan ada pula TKW yang terkurung di Gaza, seluruh negeri bergejolak, kok dia malah mengunjungi kebun binatang? Presiden macam apa itu!

    Like

  3. Saya 100% setuju bahwa alinea yang tercantum dalam preambule tersebut adalah pernyataan sikap bangsa Indonesia tentang bagaimana bersikap terhadap penjajahan. Itu mutlak dan harga mati, kecuali kalimat tersebut dihilangkan dari Preambule UUD’45.

    Persoalannya adalah.., ketika SBY sebagai Presiden mengambil sebuah sikap atas apa yang dilakukan oleh Israel di Palestina, “Apakah sikap yang diambil benar-benar dan sungguh-sungguh adalah sikap yang mewakili bangsa Indonesia?”

    Rasa-rasanya kok tidak yaaa…. Lalu pertanyaannya.., “sikap itu mewakili siapa?”😉

    sikap Yahudi, bang.🙂

    Like

  4. GUE NGGAK AKAN NGURUSIN SOAL BEGITUAN (PALESTINA).
    GUE NGGAK BODOH,LOE TAU SKRG LG MAU PEMILU ???
    GUE AKAN KAMPANYE SEGENCAR – GENCARNYA DALAM RANGKAH PEMENANGAN GUE DI PEMILU NANTI.
    SAMPAIKAN SALAM SAYA UNTUK WARGA PALESTINA…(selamat berjuang).
    DAN JG,SAMPAIKAN SALAM HANGAT UNTUK TUANKU MR.BUSH.

    Like

  5. Ah kalian ini…semua salah, yang berdemo soal palestina dihujat,presiden ke bonbin juga dihujat,terus yang benar hanya kalian doang dong….hidup kalian! kekkekekekekee

    Like

  6. hahaha… bobo-bobo, ya smuanya salah, soalnya yg benar ente doang.. bobo-bobo masih kencur aja dah koment disini.. salah didik kali nih orang

    Like

  7. “SBY menilai ini bukan konflik agama,ini adalah konflik politik saja”
    menurut saya,ini adalah pandangan seorang politikus …..
    terus..sebagai manusia muslim apa pikiran SBY …?!??

    Like

  8. Hmmm… Emang sih jadi agak berkurang simpatiku sama pak SBY, tapi please jangan Mega lagi yang jadi presiden nanti. Siapa aja silahkan yang mau gantikan SBY. Tapi harus lebih baik.

    Like

  9. maksudnya apa tulkiyem ini …?!??

    UUD 45 di jaman skrg sudah mulai terlupakan,mulai dr para pemimpin sampai anak sekolahan sudah lupa sama UUD 45….(ironis).
    sampai sekarang implementasi UUD 45 dr dulu merdeka sampai 63 tahun kemudian,masih belum terwujud.
    jgn2 UUD 45 sekarang ini di hanya dianggap piagam kenang – kenangan oleh bangsa indonesia….??.
    pemimpin ke depan harus konsen & konsekuen mewujudkan amanat dari UUD 45.
    beliau adalah : AMIEN RAIS.

    Like

  10. Hidup Israel….. Gas teyuzz biar harga miyak kita kuasai jadi gua kita bersama sby bisa nurunin harga minyak ,…….. gas trus biar politik dalam negeri beralih sementara. Tapi PKS jadi cari kempatan kampanye gimna nih ….. dasar mujahid sialan tau aja cari kempatan

    Like

  11. Anonymous jangan banyak bacot loe !!! Sby lagi sibuk tebar pesona loe malah ngurusin orang lain. diri loe aja urus gak usah ngurusi negara loe. Negara loe ini belum beres……….. makanya dukung SBY biar kita makin maju….. minyak turun terus biar perang dimana-dimana yang penting SBY jadi presiden

    Like

  12. Mending ke kebun binatang cari massa dari pada ke palestina kena tembak israel ! khan ga jadi presiden lagi…….. kalo di kebon binatang banyak massa pemilih coi bisa milih he he he he

    Like

  13. namanya jg pemuda demokrat, ga jauh sm capresnya, otaknya sama2 dangkal.. satukan gerakan boikot produk yahudi dan as sekarang jg..

    hahahahahahaha ….

    Like

  14. semua kebijakan yg diambil sy rasa cukup bagus,dak gampang mimpin dg jumlah p
    penduduk yg padat. Belum ada pemimpin indonesia yg mengusut kasus korupsi
    pejabat. urus aja diri masing22 kalau udah suci baru komentar .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s