Liga Champions Eropa 2009, Duit adalah Segalanya


UEFA makin kaya. Di tengah krisis, sepakbola Eropa adalah mesin uang yang paling cepat geraknya. Adalah undian Liga Champion yang dilakukan hari ini menjadi indikatornya.

Manchester United vs Intermilan, Real Madrid vs Liverpool, Juventus vs Chelsea, AS Roma vs Arsenal, Barcelona vs Lyon, Bayern Munich vs Sporting Lisbon, Villareal vs Panthinaikos. UEFA pun tertawa.

Sponsor bakal makin gila, karena tontontan ini tak mungkin dilewatkan oleh pencinta bola bersama pacar dan istri/suaminya, anak-anaknya, kakeknya, bapak/ibunya, tetangganya, temannya, dosen dan guru-gurunya, ataupun orang-orang yang tidak dikenalnya. Bayangkanlah berapa miliar pasang mata yang akan menatap dan pebisnis pasti tahu, pasti tahu, pasti tahu.

Saya lagi malas menghitung-hitung berapa duit yang dikeluarkan, dan saya pun sedang malas menanyai mbah google. Di koran tempat saya bekerja, saya dulu pernah menulis soal pusaran duit yang beredar sepanjang Piala Eropa, jadi bagi saya tak asyik lagi. Yang pasti, miliaran Euro-lah.

Tapi prediksi yang saya pasang begini:
Manchester United vs Intermilan (Inter, agregat 4-2)
Real Madrid vs Liverpool (Madrid, agregat 3-1)
Juventus vs Chelsea (Chelsea, agregat 5-4)
AS Roma vs Arsenal (Roma, agregat 4-3)
Barcelona vs Lyon (Bercelona, agregat 4-1)
Bayern Munich vs Sporting Lisbon (Munich, agregat 3-0)
Villareal vs Panthinaikos (Villareal, agregat 4-3)

* * *

Liga Champion Eropa 2009/2010 ini memang beda karena berada di krisis ekonomi global. Jadi wajar saja bila settingannya pun harus diselaraskan dengan krisis: anti krisis global. Kalau Inter ketemu Panathinaikos atau Manchester United ketemu Villareal, ‘kan tak sedap.

Sponsor dan televisi bakal jor-joran, tak peduli budget untuk promosi katanya mau ditekan. Dalam bisnis promosi, momentum itu nomor satu, karena tahun depan, bulan depan, minggu depan, belum tentu momentum itu akan datang. Ya, tak jauh-jauh bedalah dengan prinsip kerja jurnalis dan fotografer.

Saya penonton, pecinta dan penikmat bola. Saya juga megang halaman bola Eropa di koran tempat saya bekerja, dan sekonyol-konyolnya saya mempertahankan sikap objektif, saya harus tunduk juga pada subjektifitas pribadi. Saya mendukung tim ini!

Nah, kalimat mendukung tim alias fans itu yang jadi masalah. Fanatisme itu entah sampai kapan baru bisa saya nikmati dengan santai. Saya gelisah terus kalau melihat tim saya terus diserang dan akan berteriak: “Hajar!” kalau tim saya sedang menyerang. Bullshit itu bila kalau ketika tim saya kalah, saya nggak gondok. Bisa berhari-hari baru hilang. Itu pun bila ada rezeki nomplok! Tapi kalau di-yang berhari-hari itu- berjalan normal-normal saja, bisa berminggu-minggu. Kalau ada yang ngejek di depan mata saya, berdarah-darah pun jadi. Kalau badannya jauh lebih besar dari saya, yah, minimal saya akan maki dia dalam hati.

Fanatisme adalah sumber dan biang segala bisnis yang ada dunia ini. Pekerjaan paling utama dari sisi ekonomis adalah menumbuhkan fanatisme. Agama sangat berpotensi untuk itu. Fanatisme berpotensi membutakan segalanya. Saya bilang berpotensi, tidak otomatis! Fanatisme perlu waktu terlalu lama untuk menjadi dewasa. Jadi, sebaiknya, urusan fanatisme jangan buru-buru disorongkan dengan konsep pengendalian diri ala Zainuddin MZ atau Aa Gym (ah, bagaimana kabar mereka sekarang ini?)

Fanatis ya fanatis saja, kontrol diri ya masalah lain yang datang dari dunia yang berbeda. Kalau keduanya hendaknya disatukan, dalam arti ingin merubah fanatisme menjadi rasional-objektif, ya, butuh waktu. Kalau sudah bicara waktu, maka akan ada waktu lain yang dikorbankan. Tapi ya, alangkah baiknya, bila para fanatis-fanatis ini jangan langsung dikarantina dalam sebuah rumah sakit, tapi membawa mereka ikut serta dalam kehidupan normal sehari-hari. “Hiduplah dengan normal, Kenshin,” kata Master Kenshin Himura-nya Samurai X.

Hidup normal berarti setiap orang sudah harus punya prinsip dan strategi hidupnya sendiri-sendiri. Setiap kelompok, setiap partai, golongan, organisasi, juga demikian. Ada grand design yang harus ditaati dan momentum-momentum yang tidak masuk dalam blok prediksi, dianggap sebagai asupan energi bagi grand desgin itu. Minimal, kita bisa bersikap seperti software antivirus yang dengan updating virus setiap hari, antivirus bisa semakin kaya dan berenergi baru.

Saya harus percaya, hidup ini tidak berjalan dengan sendirinya, melainkan atas dialektika design yang terus bertempur di perjalanan hidup sehari-hari. Kayak Liga Champions Eropa itu. Saya senang terhadap pola drawing yang dihasilkan UEFA, walau di sisi lain, saya tidak bisa menafikan kalau itu adalah sebuah skenario. Krisis global adalah momentu force majeur, tapi kemudian menjadi asupan energi yang luar biasa bagi ekonomi Eropa.

Karena itulah, mari kita nikmati skenario-skenario yang sedang, telah dan akan terjadi di kampung kita ini, sebisa kita, sebisa kemampuan daya nalar kita, sebisa kebolehan akal sehat kita untuk berpikir dan bekerja demi Indonesia yang lebih baik.

Nah, sudah mirip iklan politik bukan?

19 thoughts on “Liga Champions Eropa 2009, Duit adalah Segalanya

  1. GLORY UNITED…..!!!
    ayo united ganyang intermilan…! buktikan kl intermilan (mourinho)
    hanya tim ayam sayur….!!!

    UNITED vs INTER 3-0
    INTER vs UNITED 1-1

    weakakakkkkkk … “Juara dunia klub mungkin gelar juara MU yang terakhir,” kata morinho…

    Like

  2. hhehehe….
    anda nggak up to date y….??!?

    hari ini UNITED jd juara dunia.

    UNITED vs LDU 1-0

    GLORY UNITED……!!!!

    WE ARE THE BEST IN THE WORLD

    Like

  3. wah beralih Profesi yah bang..jadi pengamat sekaligus tukang prediksi bola.. he he he..
    …BRavo Juventus….

    masih sekitar-sekitar tukang ngarang … hahahaha … aku gak bisa ninggalin bola😛

    Like

  4. barusan aje gw pulang dari inggris habis meting dengan ferguson.kami telah sepakat untuk pertandingan melawan intermilan bukanlah suatu permasalahan yang berat.menurut teman saya fergie,,inter cuma bisa ditakutin oleh tim yang mempunyai mental tempe.

    diatas kertas MU lebih unggul.secara usia fergie lebih tua dibanding morinho.untuk pengalaman di champion fergie lebih berpengalaman habis dibanding morinho.apalagi untuk pasaran taruhan MU di beri poin 1/4 MEn…..!!!!!!!
    jadi tunggu apalagi!!!!!!!!!!!!!!!!!

    malam ini inter merupakan partai pemanasan bagi MU.alias lawan buat latihan doang.jika ingin lihat hasil ssngguhnya,,tar tgl 11 maret.inter bakal di ganyang dengan score 3-0.

    I love too much MU……

    best rergards romeo de uno and fergie to supporter MU di dunia

    Like

  5. ingat !!!!!!

    MU adalah tim yang mempunyai serangan balik terbaik di dunia.
    morinho sudah mengakuinya.

    sedikit bocoran:
    baru 5 menit yang lalu jose morinho telpon gw.
    dia bilang begini ” men..,,,gua ga yakin bisa menangin pertandingan malam ini”

    hikzz………..

    Like

  6. betul skali bro…….!!!
    td malem morinho curhat ma gue….dia bilang,sempet kencing di celana setiap kali CR7 bawa bola…..yg lbih bikin gue miris..dia (morinho) bilang….nggak lagi2 dech lawan MU…..Ampuun………..

    GLORY UNITED…!!!

    inter kasih poin aja, hahahaha😀

    Like

  7. inter pada 1st leg gak mendominasi, malahan bola banyakan dikuasai ama mu. mu nyerang inter tanpa ampun dan mati2an, untunglah julio cesar bisa menahan bola dan mu juga sering meleset golnya

    Like

  8. INTER CHAMPIONE …..!!!!!!!!!!!!!

    Biar Saja Orang Ngomong bEgitu,,yang penting qta buktikan mourinho dikandang OLD TRAFFORD …

    Kalo perlu Sir Alex suruh maen sekalian bakal seru jadinya …

    yang Penting INTER MILAN CHAMPIONE Of 2008/2009

    Like

  9. SELAMA MATAHARI MASIH BERSINAR
    DAN
    BUMI MASIH DI HUNI OLEH MANUSIA|
    SELAMA ITU PULA
    MANCHESTER UNITED
    AKAN TETAP JAYA UNTUK SELAMANYA

    Like

Leave a Reply

