Sebutlah, Sebuah Ras Eropa (2)


Dan lantas, pada ajang sepakbola Euro 2008, Turki menjadi salah satu dari empat besar negara semifinalis Euro 2008. Lihatlah baik-baik dari keempat finalis itu: Jerman, Turki, Spanyol dan Rusia. Bersama Spanyol, Jerman adalah wakil dari Eropa Barat sementara Rusia adalah Eropa Timur. Turki? Dia sedang berada di tengah-tengah.

Lebih dari 2 juta imigran Turki berdiam di Jerman, di sebuah negara yang berpenduduk lebih dari 82 juta jiwa. Di Spanyol, jejak sejarah Turki masih terekam kuat dalam buku-buku dan memori rakyat Spanyol.

Namun, Turki adalah sebuah negara yang hingga kini masih mengurus paspornya menjadi Eropa. Walau ingin, saat ini mereka masih terganjal untuk menjadi anggota Uni Eropa karena “masa lalu”. Itu karena Turki masa lalu adalah perlambang timur, sementara Eropa adalah barat. Dua kutub inilah yang selalu berlawanan dalam sejarah kebudayaan dan peradaban dunia, baik modern maupun klasik.

Bukan cuma itu memang. Dalam Eropa sendiri pun, perbedaan “timur” dan “barat” itu telah menceritakan perseteruan yang sangat dalam.

Pasca Perang Dunia II, Eropa terbagi dua, Eropa Timur dan Eropa Barat. Eropa Timur adalah Unisoviet dan Pakta Warsawa-nya. Sementara di barat, ada “Inggris-Amerika” dengan NATO-nya. Blok besar ini kemudian membelah dunia menjadi dua bagian besar lagi: blok timur dan blok barat. Indonesia, sebuah negara yang jauh pun ikut dalam pusaran itu dan secara sengaja memaklumatkan dirinya dalam “timur”.

Bahkan, sebuah negara pun menjadi terbagi. Lihatlah Jerman Barat dan Jerman Timur yang hanya dipisah oleh Tembok Berlin.

Dan kemudian ide seorang Henri Delaunay, seorang yang “malas” berpolitik, yang mencetuskan Piala Eropa pada 1927, seperti air pelepas dahaga di tengah kebuntuan itu. Dia memang tak sempat melihat idenya berjalan karena keburu wafat pada 1955, lima tahun sebelum ajang Piala Eropa pertama kalinya diselenggarakan pada 1960 di Perancis, di sebuah negara blok barat.

Namun, ide Sekretaris Jenderal UEFA atau persatuan sepakbola Eropa ini sendiri, tak kuasa melawan ego barat dan timur. Turnamen Piala Eropa yang pertama tak seluruhnya mau diikuti oleh negara-negara Eropa. Dari 33 anggota UEFA, hanya 17 negara yang berperan serta. Negara-negara kuat pelanggan Piala Dunia dari blok barat seperti Jerman Barat, Inggris dan Italia menolak ikut serta.

Namun tidak dengan negara blok timur. Final Piala Eropa pertama kali mempertemukan antara dua negara blok timur, Uni Soviet dan Yugoslavia. Uni Soviet menjadi juara pertama kali dan Perancis hanya di urutan keempat.

Dalam rentang sejarah yang cukup dramatis itu, saat ini, tak ada yang meragukan kalau turnamen itu bukan sekedar pertandingan olahraga an sich, ataupun untuk meraup keuntungan ekonomi semata. Trofi Henri Delaunay yang kecil itu pun diganti dengan trofi yang lebih besar, walau namanya masih sama. EUFA mengalaskan, level kejuaraan ini sudah tak seperti ketika Henri mencetuskannya dulu. Dia sudah lebih besar dari trofi dan niat Henri itu.

Itu karena Eropa adalah pusat peradaban dan kebudayaan modern dan sedang mengekspornya ke seluruh dunia. Ini adalah ekspansi kebudayaan, cara bermain, cara berbicara, cara berpikir dan pola hidup, yang ditunjang oleh ciri-ciri fisik dan stamina tertentu yang notobene di setiap negara punya perbedaan dan tradisi tersendiri. Katakanlah, sebuah ras Eropa.

Sebuah bundaran (bola) dan sebuah persegi (gawang), telah membius dunia. Dan pemenangnya adalah Eropa. Saat ini. (*)

3 thoughts on “Sebutlah, Sebuah Ras Eropa (2)

  1. Wuiih .. hebat yah .. bagus banget tulisan nya … saya gga terlalu suka sepakbola … tp baca tulisan ini, gga nyangkain sampe segitu nya ..

    eh…masa’ sih? hahahaha😀 tenkiu aja lah

    Like

  2. Hebat sekali tulisannya

    Kunjungi blog saya juga

    anton-djakarta.blogspot.com

    thanks mas Anton. saling mengunjungi memang tak ada ruginya😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s