Italia Vs Perancis…Masa’ Sih Tuhan Bingung?


Ini ada hubungannya dengan perhelatan Euro 2008. Waktunya pas ketika Italia ditahan seri Rumania dan Perancis keok sama Belanda. Nasib Italia dan Perancis pun diujung tanduk. Nah, kawanku bilang begini.

“Kau tahu, sekarang langit sudah dipenuhi jutaan, dan mungkin milyaran, doa.”
“Gimana…gimana?”


“Kita batasi dulu antara Perancis dan Italia. Karena kalau ditambah fans tim lain dan doa-doa di luar Euro 2008, bilangan doanya akan bertambah banyak.”
“Teruskan.”
“Nah, tepat di tengah Italia itu kan, Vatikan. Ini pusat Katolik seluruh dunia. Bisa dipastikan, banyak orang akan memanjatkan doa di sana dan mengharapkan ada tuah Italia karena mengelilingi tempat suci itu. So, bertaburanlah doa supaya Italia menang.”
“Hmm, bisa diterima.”
“Orang Perancis, demikian juga. Tapi negeri ini sudah terlanjur dicap negerinya kaum libertarian, alias pemuja kebebasan. Sudah dimaktubkan dalam sejarah, kalau negeri ini penghasil intelektual dan cendekiawan kelas wahid. Konon, semakin tinggi inteleginsia seseorang, makin rendah pula tingkat kepercayaannya pada Tuhan. Itu makanya, jumlah atheis di negeri ini, cukup tinggi.”

“Kau jangan menuduh sembarangan.”
“Hahaha…don’t take it too seriously. Masalahnya, banyak kaum atheis juga pencinta bola, termasuk tim negaranya. Bingunglah mereka, mau memohon kepada siapa. Karena ternyata, hitung-hitungan rasional dan logika telah kalah telaK di Euro 2008.”
“Maksudnya?”
”Italia sebagai juara dunia, tim bermental tangguh, pemain level satu, dan punya reputasi tinggi, ternyata harus kalah sama tim muda minim pengalaman internasional di Euro 2008. Skornya telak pula. Begitu juga Perancis. Tim ini tim juara, kok tiba-tiba kalah dengan Belanda sampai 1-4. Jadi, hitung-hitungan di atas kertas, yang selama ini menjadi kekuatan kaum rasional dan mungkin saja, kaum atheis, sudah hancur lebur. Nah, kalau dengan tim Belanda masih bisa dilogis-logiskan, teori makin hancur ketika dua tim itu melawan Rumania.”

“Menurut teori dan hukum alam, seharusnya Italia dan Perancis bisa mengatasi Belanda dan Rumania. Oke, bisa diterima.”

“Karena itu, kaum libertarian akhirnya berdoa juga sama Tuhan atau siapapun itu yang bisa dimintai tolong. Meminta kepada zat yang tak nampak tapi bisa mengabulkan apa yang tak mungkin diterima akal sehat. Dengan kata lain, bisa memungkinkan apa yang tak mungkin. Sebut saja Tuhan, dewa, dewi atau apapun itu.”

“Itu makanya kau bilang, milyaran doa berserakan di langit.”
“Betul.”
“Dan, masalahnya adalah siapakah kira-kira yang akan dikabulkan oleh Tuhan, pendukung Italia atau Perancis.”
“Betul. Dan kondisi doa itu, tau sendiri la, dipanjatkan dengan perasaan setulus-tulusnya, seikhlas-ikhlasnya dan mengeluarkan air mata…”
“Dan tentu saja Tuhan tahu itu, bukan?”
“Yup.”
“Menurut kau, siapa yang akan dikabulkan?”
“Itulah yang aku bingungkan. Kalau setiap manusia merasa bisa menjangkau pengetahuan Tuhan, maka manusia tak perlu bingung menyimpulkan siapa yang akan menang nanti malam.”
“Dengan kata lain, Bang, masa’ sih Tuhan bingung?”
“Betul. Tuhan tak sebodoh yang dikira manusia…” (*)

9 thoughts on “Italia Vs Perancis…Masa’ Sih Tuhan Bingung?

  1. gak usah bingung….

    news update nih,….
    italia – prancis 2-0
    berarti kaum libertan memang tidak punya tempat untuk berdoa…
    karna mereka tidak tahu kepada siapa merkea meminta..🙂

    hahahahahahaha😀

    Like

  2. kecapean begadang ngerjain yang lain, Bang. jadi saya ga sempet ngikutin bola…

    kecapean begadang ngerjain yang lain, dek. jadi saya gak sempet ngikutin politik …. wakakakakakakkkkk😀

    Like

  3. iya iya, jenderal…menyamar…maklum udah banyak jenderal mo ditangkepin …😀 hahahaha…gak nyambung kan…

    Like

  4. kalau bingung berarti bukan tuhan,. Manusia yang bingung karena tidak bisa menjangkau Tuhan. Jika manusia bingung saya yakin ia sedang mencari jawab dan jatidiri.

    🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s