Dana Kampanye Pilgubsu (3)


Bila Shohibul menghitung enam variabel, maka bagaimana cerita “orang dalam” sendiri? Ini analisis yang dikeluarkan oleh Ketua MPW DPW PKS Sumut, Sigit Pramono Asri SE. Seperti diketahui, PKS menempatkan salah seorang kadernya yang berpasangan dengan Syamsul Arifin yaitu Gatot Pudjonugroho, mantan Ketua DPW PKS Sumut.

Tabel
Estimasi Dugaan Peredaran Uang dalam Pilgubsu

nirwan poenya

sumber: data SdK (Sendiri di Kalamanti)

Sigit mengungkapkan ada tiga variabel utama yang harus dihitung untuk menentukan besaran anggaran. “Variabelnya yaitu jumlah pemilih, target suara dan cost yang harus dikeluarkan per suara,” ungkapnya.
Perhitungannya begini. Karena data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan KPUD Sumut selalu berubah-ubah, maka diambil DPT per tanggal 1 Februari yaitu 8.457.296 jiwa. Itu berarti sekitar 65% dari jumlah penduduk yaitu 12.849.930 penduduk. Dibandingkan dengan Pemilu 2004, terjadi kenaikan jumlah warga yang berhak memilih. Waktu itu jumlah pemilih sebanyak 8.307.296. Ini artinya, pada pilgubsu 2008 terjadi penambahan 150.000 orang. Tapi jumlah itu, seperti diketahui, terus berubah-ubah.

Dengan asumsi bahwa target suara yang harus diraih untuk lolos putaran pertama yaitu 25%, maka pemilih yang harus diraih yaitu 2.114.324 suara. “Misalkan saja cost per suara itu dianggarkan Rp 50 ribu,” tambah Sigit lagi. Sigit menganalisis, jumlah minimal yang harus dikeluarkan setiap paket adalah hasil perkalian antara cost per suara dengan target suara. Itu artinya sekitar Rp 105,7 miliar lebih!

Analisis Sigit itu mengarah pada hitungan kasar soal penentuan budget yang harus dikeluarkan calon pada saat pemilihan mendatang. Dengan demikian, bila variabel sosialisasi pra pemilihan dan pra penetapan dimasukkan, jumlah itu bakal membengkak lagi. Apalagi, misalnya pilgubsu terjadi dalam dua putaran! (habis)

4 thoughts on “Dana Kampanye Pilgubsu (3)

  1. sukak hati bang sigit aja, ntar abang kan dapat bagian juga. bang samsul nggak tinggal diam tapi marah. hehehe. bang samsul kan uda setor tu ke partai (mungkin). Jadi kalau hitungan saya kira-kira dana bang samsul uda keluar lebih dari 100 miliar, banyak nya enen jang, kata urang melayu. isok-isok kuambek balek dari dari APBD. hahahahahah

    Like

  2. partainya saja bisa buat estimasi…tp tim bang syamsul lap dana kampanye aja gak sampe 5m tuh….pakai uang siapa tuh..dr awal sdh gak jujur bgm nantinya ya…jgn terayu oleh uang toh yg kita terima juga uang rakyat juga….hohohoho

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s