Ini Medan Bung…! (2)


Warkop

Lagi-lagi, kalau bicara kehidupan malam di Medan, tidak bisa dilepaskan dari warkop Harapan. Café Harapan juga sering disebut café Sudirman. Disebut begitu, karena asal mulanya adalah beberapa warung kopi yang mangkal di belakang sekolah Yayasan Harapan di jalan Sudirman.

Dimulai dari persinggungan jalan Sudirman, café ini berserak di setiap sudut jalan hingga ke arah jalan Multatuli. Salah satu trade mark kota Medan ini, begitu tersohor hingga tidak ada satupun orang terkenal alias selebriti yang melewatkan tempat nongkrong khas anak muda ini.

Tumpahan orang yang hendak ataupun sedang pause sejenak dari diskotik di Medan, biasanya akan ngumpul di daerah yang ramai ini. malam penuh gairah di kota Medan, foto oleh Chalid MN Begitu juga para “bunga dan kembang” yang kelelahan dengan asap dan pengapnya rokok di diskotik. Beruntung kalau Anda bisa memelet para “bunga-bungaan” itu, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membayar tarifnya. Karena di sana, mereka memang tidak mencari mangsa dan konsumen, tapi mencari “pacar”.

Sama dengan kawasan Griya, yang mulai kalah pamor dengan Harapan. Umumnya, di kawasan ini, kehidupan malam dilakoni oleh para muda-mudi yang sedikit “cekak”. Kehidupan malam lain, berserakan dari arah persimpangan Juanda, Sisingamangaraja, Jalan Halat, simpang Medan Area, jalan AR Hakim, sampai kawasan kampus di seluruh kota Medan. Menu yang disajikan, tak beda.

Ke pinggir, datanglah ke arah Asrama Haji, Helvetia, Polonia, hingga ke kawasan Marelan. Diskotik Bosan, lelah, ataupun “gengsi” dengan “angin malam” dan alam terbuka, kehidupan malam Medan juga komplet dengan segenap diskotik, café, pub, night club, atau apapun itu bentuknya. Dunia gemerlap atawa dugem, bukan barang baru. Kalau tidak kenal dan tidak pernah masuk di “wilayah” ini, jangan salahkan orang kalau Anda disebut kuper alias kurang pergaulan.

Mulai dari The Song, Soccer, Retro, Crystal, etcatera alias “dan seterusnya” kata orang Indonesia. Party, clubbing, “gempa bumi”, atau pakai istilah lama “ajojing” sampai pagi, santapan sehari-hari di Medan. Meminjam istilah grup musik Slank, “mulai breakfast, lunch, sekaligus dinner”, dalam satu paket pukul 8 malam hingga 8 pagi. Artinya, kalau diskotik secara hukum negeri ini tutup pukul 4 pagi, kan tidak ada yang melarang bila dilanjutkan di hotel ataupun rumah-rumah pribadi. Tak berhenti.

Sayang masih ada yang kurang. “Kalau orang tua atau baya yang sudah berumur di Medan, pasti kebingungan, diskotik mana yang bisa didatangi. Sekarang semuanya bercampur, tidak ada yang khusus. Orang tua ‘kan tidak mau ketemu anaknya di dalam satu diskotik,” kata Fija Faurika, bos Spectrum Production, yang juga “sesepuh” kehidupan malam kota Medan.

Satu kekurangan lagi dikeluhkan pihak hotel. “Lha, diskotik kan diatur tutupnya sampe pukul 3 atau 4 dinihari, warkop kok bisa buka sampai pagi,” kata Ulrich Sirait, mantan Food and Beverage Manager Hotel Danau Toba International (HDTI).

Dengan kondisi kehidupan malam di kota Medan ini, maka norma dan moral tidak usah dibicarakan. Seks, narkoba, (dan judi?) merupakan lem pengerat bagi kehidupan itu. Tentu, di samping orang-orang yang benar-benar hanya ingin melepas penat saja, seperti di awal tulisan ini. Jangan tidur dulu, Man!

bersambung … Ini Medan Bung! (3)

Advertisements

44 Comments Add yours

  1. isnuansa says:

    Haaa? Tidak mencari konsumen, tapi mencari pacar?
    Enak tuh, buat yang pengen hepi tapi kantong tipis, hehe…

    Like

  2. nirwan says:

    enak? hehehe emang 😀 datanglah kemari mbak

    Like

  3. Andos says:

    Wah….
    Untung aku masih polos, jadi belum kenal sama yang ginian

    😉

    iya, samalah kita ndo, hahahaha 😉

    Like

  4. santos says:

    warkop awak ga ada tandinganya

    lanjut….

    Like

  5. jeffry says:

    mas kalau ada butuh orang kerja tolong kasih tau saya mau kerja ok makasi ya?

    entah lah…jef…awak pun poning juga … hahahaha 😀

    Like

  6. carrs says:

    hidup yang enak enak ,jauhin yang susah susah ,goyang terus bang !

    lanjut bang,,, inget bulan puasa…hahahhaha 😀

    Like

  7. simin says:

    Biasanya nongkrong dimana bang.. 😀

    aku kalo gak di megawati ya di harapan….

    gak enak tidur rasanya kalau gak nongkrong dolo…

    whaha…

    Like

  8. t4ma says:

    ok jg laii….
    aq yg di negri orng jg kanNngGGeEnNN…..
    am barang2 yg ad d retro n harapan……….

    Like

  9. hagio says:

    yah puasin mumjpung masih muda

    Like

  10. Anonymous says:

    Enak ne medan.. awak dah lama tak kmedan..

    Like

  11. JANGAN RUSAK NAMA MEDAN DENGAN ISU YANG TAK JELAS YAH FUCKING JAVA

    Like

  12. ABIDAL says:

    SLM knl nec. . .ABIDAL nm w. .kl bs cwek dunxs knln m w. .w dah pngn mesmew nec.

    Like

  13. kolom says:

    yuhut

    Like

  14. Adrian says:

    Yah.. gitulah, disamping cari pacar,cuci mata atau kongkow-kongkow aja dengan kawan, terkadang awak dapat bonus pandangan segar dari SPG rokok yang menjajakan produknya disini.. duh, jantung awak kaya beduk buka puasa jugak terasa..hahaha..ya ini Medan bung. Jangan salah arti dan mengejek.

    kekekekekekkkk … 😀

    Like

  15. johan panjaitan says:

    yang pasti ditengah hiruk pikuknya medan , tetap manusia adat tetap dijaga…masih ingat dalihan na tolu…he he he ….maaf numpang lewat ,,,,,” untuk alumni smp negri 1 sibolga thn 91/92 …hub aku ya brus/ses…08123586124.
    au najolo klas 3 b .( tiurma o, manumpakm,evaria,evalina irma yanti dll)

    lanjut-lanjut appara… 😀

    Like

  16. clara_mute says:

    wkaakkakakak ceweknya lagi nari yg cowok motoin bawahannya liat tu

    Like

  17. clara_mute says:

    dasar..!!!!!!!!!! kurang ajar cow2 di dunia ini!!! @_@

    Like

  18. Tulkiyem says:

    hallaaaaaaah ngomong apaan neh……….!

    Like

  19. Jamal Angry says:

    eh Tulkiyem kemana aja yem ?
    selamatannya mana ? kata temen2 lu terbaik itunya………
    traktir yaaaa……?!!!

    Like

  20. Tulkiyem says:

    wah orang ini lagi !
    lu bikin guwa malas aja mal ?
    traktirannya udah di Edy anak 05

    Like

  21. hery says:

    It’s real Medan Metropolitan with Night Party yang dimilikiya

    Like

  22. fikar says:

    he 3 x. Ane anak aceh yang tinggal di langsa merasa beruntung ada kota kayak medan, gak jauh 3 jam perjalanan udah dapat hiburan sekelas kota metro. Maklum di aceh hiburan yang mengarah kayah kitu kan haram, lagian ana gak mau ikut andil ngerusakin anak aceh yang memang sudah mulai ada gejala kacau.. itung2 kita gak punya saham atas kerusakan yang terjadi juga di aceh akibat era globalisasi. Juga pada mas2 n om2 yang punya hobi kencan ama abg di aceh tolong supaya nyari dimedan aza… kalo gak punya biaya ya gak usah nyoba2 kurang ajar yach

    Like

  23. eben nainggolan says:

    clara u tu gimana c,td u snang tu cwo motoin bawahan tu cwe,eh g ad angin g ad badai u blg cwo di dunia kurang ajar,.eehhmm jgn2 u sirik x y,ap u jg mw d foto yg bwah na tp,mw ?hehehehe w bgt tu.

    Like

  24. amri says:

    apa ada yang aneh yang bisa buat gua penasaran?

    gak ada yg aneh. gak enak di medan ini, gak usah dateng aja. 😀

    Like

  25. Nasri says:

    Waahh… warkop Harapan, tempat nongkrong kalo cabut sekolah dulu…taon 80-an

    Like

  26. Partoyo says:

    Enaklah…bisa nggak bayar kalo toncek…

    Like

  27. Muhirnas says:

    Jangan lupa,,, Medan juga terkenal dengan mie Aceh Titi Bobrok..<<sedaaap…

    Like

  28. marduk says:

    inilah tanda makin bejadnya moral bangsa indonesia…yoiii coyy…yang tua korup yang muda mabok … kapan ada pesta sex lagi ???

    Like

  29. Rio says:

    Dasar…
    orang kampung……
    lo semua belum pernah ke jakarta ya…..
    ngumpul dipinggir jalan kayak harapan mana ada enaknya….
    skali2 lo datengin jakarta ,nongkrong di hard rock…
    medan ga ada apa2 nya…gw pernah dinas kemedan,,kotanya jelek…kehidupan malemnya kampungan…ga berkelas…cafe n pub nya ga asik,minuman paling tinggi jack daniel,,yang lain susah dicari,,,,,lo semua jangan koar2 sebelum nginjak hometown gw “jakarta coyyyyyy

    hahahahahahahaha 😀

    Like

  30. will says:

    kalau sy tugans di mdn awas kau yah
    ni hp gua 081380048254

    Like

  31. will says:

    hei km RIO jgn suka menghina orang miskin ,,, macam km kaya aja … dasar anak haram nih hp gua kalau km gak senang 081380048258

    Like

  32. WILL says:

    HEHIIIIIIIIII KM PEMUDA DEMOKRAT JGN SOK JD PAHLAWAN ,,, GAK SUKA HUBUNGIN SY 081380048258

    Like

  33. dilematikaindonesia says:

    jangan gitu, ini kan indonesia yang lagi sakit. jadi yang sana bilang gini. yang situ bilang gitu. sudah susah-susah begini masih gaduh lagi. berubah dong, lebih cepat.

    Like

  34. denny says:

    jangan rusak medan,,,
    medan kota metropolitan,,,

    Like

  35. denny says:

    jangfan ikuti jakarta…

    jakarta kota hancur….n jawa akan tenggelam..

    fu**king of java…. bi**h…

    Like

  36. Dea says:

    Coba aja simak kata2 orang pongah kaya Adrian tuh

    Like

  37. rido says:

    medan itu udah indah kamu nya aja yang ngak pernah nikmatin pemandangan yang indah mkanya sekali-kali jalanin medan donk tau nya lho sih jakarta doank yang indah.asal lho tau ya jakarta menderita banyak manusia yang terlantar jakarta emang kejam karena orang-orang yang kelihatan berada smbngnya minta ampun kl menurut gw ya jakarta miskin

    Like

  38. situs murah says:

    Horas Bah..
    Merdeka!!!
    😀

    horas, merdeka! 😀

    Like

  39. Cokky Tambunan says:

    Wah klo ngomongin medan gak ada matinya tapi yang jelas aku dah di jakarta skrg, dan satu lagi aku kenal diskotik itu di jakarta tapi pingin sih main kemedan liat situasi di sana apa sudah berubah dan tambah berkembang,, tapi yang jelas medan sama jakarta beda2 tipis. yah tahun depan nanti aku mau ke sana mau liputan liat2 dunia malam di sana

    🙂 idem ditto sebenarnya, cuman jakarta lebih rame.

    Like

  40. UYUD says:

    rio… kau tu masi anak kmarin yg masi bau taik yg bianya *** diclana. main kau keretro tempat aq kerja sbagai bartander.biar kau tau cara prgaulan anak medan. jangan asal kluar ja suara kau tu yg kayak macam *** . 081397311390. aku mwakili anak medan,kau hubungi kmari kl gak senang,******

    bos, ngomongnya diatur ya … 🙂

    Like

  41. gindo panoesoenan sitorus says:

    sok gaul klen semua, tak tandanya aku sama klen semua, *******
    ni no ku 08116111170

    sori bos, diedit

    Like

  42. aconk says:

    hoooooooras medan,,medan merdeka,
    I LIKE MEDAN
    MEDAN MY LOVE
    IM WAITING FOR YOU

    Like

  43. agus syahputra says:

    aku lagi tergila – gila ma kehidupan dunia malam, barusan aku semalam pergi ke tobasa di hotel danau toba. aku diajak ma teman ku dan sepertinya setiop malam minggu aku harus datang ke diskotik itu!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s