Alienasi Abu Dzar


Kata Emile Durkheim, alienasi atau keterasingan dari kehidupan sosial menjadi salah satu faktor terjadinya bunuh diri. Teori ini tak bisa disangkal ada benarnya. Penelitian yang dilakukan Durkheim merupakan salah satu masterpiece dalam khasanah ilmu-ilmu sosial.

Tapi, ini tak berlaku bagi salah seorang sahabat yang terkenal sangat concern dengan kaum musthadha’afin, Abu Dzar Al-Ghifari.

Abu Dzar merupakan orang yang penyayang terhadap orang-orang lemah, faqir dan miskin.

“Telah berwasiat kepadaku orang yang amat aku cintai (Rasulullah) dengan tujuh perkara:

Beliau memerintahkan aku untuk mencintai orang-orang miskin dan mendekati mereka. Beliau memerintahkan aku untuk selalu melihat keadaan orang yang lebih menderita dariku. Beliau memerintahkan kepadaku juga untuk aku tidak meminta kepada seseorangpun untuk mendapatkan keperluanku sedikitpun. Aku diperintahkan untuk tetap menyambung silaturrahmi walaupun karib kerabatku itu memboikot aku.

Aku diperintahkan untuk mengucapkan kebenaran walaupun serasa pahit untuk diucapkan. Aku tidak boleh takut cercaan siapapun dalam menjalankan kebenaran. Aku dibimbing olehnya untuk selalu mengucapkan la haula wala quwwata illa billah, karena kalimat ini adalah simpanan perbendaharaan yang diletakkan di bawah Arsy Allah”.

Karena sikapnya ini, ia diasingkan dari kekuasaan yang waktu itu sudah tak ambil peduli lagi pada orang-orang lemah, faqir dan miskin dalam kebijakan dan pemerintahan.

Adalah sahabat nabi, Abdullah ibnu Mas’ud yang kemudian menemukannya di sebuah gurun, terbaring sendirian, wafat. “Engkau datang sendirian, berjalan sendirian dan meninggalpun sendirian,” ujar Al-Musthafa, Muhammad SAW, suatu hari kepadanya. (*)

 

* * *

foto: http://www.sutherland.co.za/jen/Girl%20Alone%20Sepia.JPG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s