Di Cina, Banyak Anak Bakal Nganggur!


chinese familyBeijing-Pasutri di Cina harus hati-hati ketika bercinta. Selip sedikit, bisa jadi pengangguran! Sekilas memang tak nyambung. Tapi begitulah peraturan di Republik Rakyat Cina (RRC). Baru-baru ini, Partai Komunis Cina memecat hampir 1.000 anggotanya karena melanggar kebijakan satu anak.

Menurut kantor berita Xinhua, mereka termasuk 90 ribu orang di Provinsi Hubei melanggar kebijakan itu selama 2007. Total ada 1.678 pejabat dan anggota partai yang melanggar kebijakan itu. Partai telah memecat 500 orang di antaranya dan mencopot 395 orang dari jabatannya.


“Tahun-tahun belakangan ini lebih banyak anggota partai, selebritis, dan orang kaya yang melanggar kebijakan tersebut, yang berarti telah merusak keseimbangan sosial,” kata Yang Youwang, Direktur Komisi Keluarga Berencana Provinsi Hubei.

Pemerintah Cina menerapkan kebijakan untuk menekan pertumbuhan penduduk ini sejak akhir 1970-an. Menurut aturannya, pasangan keluarga di perkotaan hanya boleh punya satu anak, sedangkan pasangan yang tinggal di pedesaan boleh memiliki dua anak jika anak pertamanya perempuan.

Tapi, ketika hidup rakyat Cina makin makmur, pasangan yang mampu membayar denda (bila melanggar kebijakan itu) memilih untuk mengabaikan aturan itu dan memiliki keluarga yang lebih besar.

* * *
Sumber: BBC/tempointeraktif (7/1/08)

fotohttp://www.oac.cdlib.org/affiliates/images/cana/kt2199p9w7/hi-res/JH143.jpg 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s