SBY pada KSAD: Persiapkan Calon Pemimpin Mendatang


Jakarta – Letjen Agustadi Sasongko dipastikan dipilih SBY sebagai KSAD yang baru menggantikan Jenderal Djoko Santoso. SBYSementara Marsekal Madya Subandrio dipilih SBY sebagai KSAU menggantikan Marsekal Herman Prayitno. Apa pesan SBY pada KSAD?

Ada tujuh perintah yang diberikan panglima tertinggi TNI itu kepada Panglima TNI, KSAD dan KSAU yang baru. Namun, ada tiga hal menarik yang diwanti-wanti SBY. Pertama, mempersiapkan calon pemimpin yang akan datang. Kedua, Panglima TNI, kepala staf dan Presiden harus dalam jalur komando yang utuh dan solid. Dan ketiga, perintah untuk menjaga netralitas dan tetap waspada dalam menyambut Pilkada dan Pemilu 2009.


Perintah yang lain yaitu menghidupkan kehidupan TNI pada tataran yang tepat dalam era demokrasi di tengah masyarakat, menjaga hubungan antarlembaga, baik di dalam dan luar negeri dan menyempurnakan hal-hal yang belum tercapai selama ini serta tentu saja agar menjalankan amanah sebaik-baiknya.

Ketiga hal menarik di atas tampaknya menjadi pusat perhatian SBY terutama dalam menetapkan KSAD, institusi militer paling penting di negeri ini. Hal itu juga yang sempat melentikkan kabar kalau pencalonan Letjen TNI Syafrie Syamsuddin menjadi terganjal di tangan SBY.
Djoko Soeyanto, mantan Panglima TNI, sempat ditanya mengenai isu tarik ulur penetapan calon KSAD yang memerlukan pertemuan khusus di Cipanas. Atas pertanyaan ini, Djoko Soeyanto menjelaskan bahwa Presiden mengambil keputusan ini dengan berbagai aspek dan mendengarkan pertimbangan dari otoritas militer, dalam hal ini, kepala staf, dan panglima TNI.

“Dengan Wapres, pasti ada komunikasi. Tapi saya tidak melihat hal itu sebagai tarik ulur. Kita tidak sedang menaikkan layangan. Tapi, pengembangan TNI ke depan,” ujar dia.

PResiden jelas punya kartu sakti. “Pemilihan ketiga figur tersebut merupakan prerogatif Presiden.,” kata Djoko.

* * *

sumber: Luhur Hertanto/detikcom (27/12/2007)

foto: http://www.indonesia-1.com/gambar/news/sby-roni.jpg 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s