2015, Indonesia Bubar?


Jakarta-Indonesia pada 2015 diperkirakan bisa pecah menjadi sedikit-dikitnya 17 negara bagian. Sebagai induknya, Negara Republik Jamali, terdiri dari Jawa, Madura dan Bali, yang merupakan cermin imperium Majapahit zaman dulu.

“Sudah merupakan suratan Tuhan Yang Maha Kuasa, setiap 70 tahun berjalan, suatu kerajaan atau negara kebanyakan terjadi perpecahan. Mungkin juga termasuk di Indonesia,” kata Direktur Utama Komite Perdamaian Dunia (The World Peace Committe), Djuyoto Suntani, dalam peluncuran bukunya di Jakarta, Kamis (27/12).

Lembaga swadaya internasional, kata Djuyoto, membuat garis kebijakan mendasar pada patron penciptaan tata dunia baru. Peta dunia digambar ulang. Uni Soviet dipecah jadi 15 negara merdeka, kemudian Yugoslavia menjadi enam negara merdeka, demikian juga Cekoslowakia. “Di Irak saat ini sedang terjadi proses pemecahan dari masing-masing suku,” katanya.

Indonesia, kini juga sedang digarap untuk dipecah-pecah menjadi sekitar 17 negara bagian oleh kekuatan kelompok kapitalisme dan neoliberalisme yang berpaham pada sekularisme. Pokok pikiran itu, kata Djuyoto, dia tuangkan pada bab II bukunya yang juga memberikan jalan keluar agar Indonesia tetap menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada peluncuran buku yang dihadiri para tokoh nasional seperti Djafar Assegaf itu, Djuyoto memaparkan adanya konspirasi global yang berupaya memecah dan menghancurkan Republik Indonesia.

Upaya memecah-belah Indonesia itu dilakukan melalui strategi “Satu dolar Amerika Serikat menguasai dunia,” yang digarap oleh organisasi tinggi yang tidak pernah muncul di permukaan, namun praktiknya cukup jelas, yakni berbaju demokratisasi dan hak asasi manusia (HAM).

“Jika pecahnya itu menuju kebaikan rakyat, tidak menjadi soal. Tetapi pecahnya NKRI itu justru akan menyulitkan rakyat karena semua aset penting dan berharga dikuasai investor asing di bawah kendali organisasi keuangan internasional,” jelas Djuyoto.

Sementara itu, Dirjen Bina Sosial di Departemen Sosial, Prof DR Gunawan Sumodiningrat, yang mewakili Menteri Sosial (Mensos) Bachtiar Chamsyah, menyatakan ancaman perpecahan NKRI itu kini tampak nyata. “Saya sendiri sampai saat ini merasa bingung, mengapa rakyat Indonesia dapat bersatu, padahal banyak perbedaan di antara suku-suku yang ada,” katanya.

Ia menilai, pada dasarnya Indonesia mudah akan terjadi perpecahan, jika generasi penerus tidak menyadari adanya pihak asing yang ingin membuat Indonesia tidak kuat.

Buku berjudul, Indonesia Pecah, yang terdiri atas 172 halaman, termasuk foto-foto, kata Gunawan, menarik untuk dibaca karena sedikit-dikitnya ada tujuh penyebab Indonesia terancam pecah, seperti siklus sejarah tujuh abad atau 70 tahun.

Kemudian, tidak adanya figur atau tokoh pemersatu yang berperan menjadi bapak seluruh bangsa, pertengkaran sesama anak bangsa yang terus terjadi, upata stategis dari konspoirasi global, dan adanya nama Indonesia yang bukan asli dari nusantara. “Semua itu perlu diteliti lebih lanjut, apakah ada relevansinya dengan kejadian saat ini di mana banyak daerah ingin pisah,” tegasnya.

* * *

sumber: antara/medanbisnisonline (28/12/07)

48 thoughts on “2015, Indonesia Bubar?

  1. waduh kayak apa yach..kalo Indoanesia ada negara bagiannya…apa kayak Amerika yach.. gimana dengan daerah yang rakyatnya miskin..apa bisa berdiri sendiri ???

    Like

  2. Saya sebagai aktivis PK.KNPI Kuranji, tentu sangat menyayangkan kalau negara kita pecah. Sebab, kalau Indonesia pecah, Bangsa Indonesia akan lemah, umat Islam akan pecah pula. Pecahnya Indonesia akan menyebabkan susahnya menyatakan Umat Islam.

    bagaimana kalau Indonesia sebagai negara pecah gara-gara umat Islamnya pecah? Entahlah …😀 bagaimanapun terimakasih atas pemikiran Anda Pak Zamri.🙂

    Like

  3. Kalau pemerintah kita masih begini terus (peraturan2 yang membuat yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin) kemungkinan besar perpecahan bakal terjadi ni Bang

    Revolusi memang cukup menggoda. cukup menggoda…😀

    Like

  4. Seorang veteran saya tanya, bagaimana jika Indonesia bubar? Beliau tersinggung…. “Kita ini merebut dan mempertahankan kemerdekaan, bukan di beri oleh penjajah seperti yang terjadi pada negara2 tetangga!” kemudian beliau menambahkan “Dulu yang penting merdeka dulu! kita bisa try & error seperti yang telah terjadi sekarang…… sabar! bekali terus dengan ilmu pengetahuan, dan terus bersatu”. tangan tua nya gemetar. Umur kita sebagai sebuah negara memang “masih” 63 tahun, bagaimana kalau kita berpikir sederhana? Sumber daya manusia yang berpendidikan, beriman dan bersatu padu. Atau singkatnya, BERPANCASILA! sederhana bukan….

    Kakek saya tak pernah mengunci mulutnya ketika melewati fase belanda, jepang, zaman soekarno dan soeharto. Tapi ia tak sempat melihat reformasi. Mungkin ia akan menangis kalau ternyata banyak mereka yang dulu berperang ternyata lebih bengis dari penjajah, dan lebih banyak lagi mereka yang dulu berperang ternyata dilupakan oleh mereka yang berkuasa. Dan dulu, kakek saya, tak kenal sama sekali dengan Pancasila. Yang ia tahu sederhana saja: ia tak pernah rela dirinya dijajah oleh siapapun.🙂

    Like

  5. Ya, tidak dijajah oleh siapapun itu mutlak sebagai manusia. dan jika dituruti, manusia adalah ego, jadi sah saja jika berbeda apa-apanya antara manusia satu dengan lainnya. membuat perpecahan sampai berkeping-keping pun bisa saja, mau nanti makmur atau tambah hancur itu bisa “diatur”. tapi selama masih ada pemerintahan dalam sebuah negara, akan tetap terdapat ego-ego yang merasa terjajah. kecuali (dalam kasus ini) Indonesia pecah, dan pihak-pihak yang percaya akan terjadinya hal itu dapat merubah juga bagaimana sekumpulan ego-ego tadi bisa berkumpul bersama membangun sebuah negara dengan sistem yang sama sekali baru di dunia sekalipun (revolusi-red).

    Like

  6. Betulkan NKRI bakal bubar? Sudah dipastikan akan bubar. Paling cepat 2015,paling lambat 2035. Imperium Roma yg kuat saja bubar. Soviet yg superpower : runtuh. Ottoman Turki yg digdaya: gulung tikar. Apalagi cuman RI yg lemah lunglai banyak utang. Logis kalau potensi bubarnya makin tinggi.

    argumentasi yang tak disangka-sangka, hihihihihihi….😀

    Like

  7. Tidak ada sesuatu yang abadi di dunia ini. Bumi berputar mengembuskan perubahan. Kerajaan Roma runtuh, Kerajaan Majapahit runtuh, Uni Sovyet pecah berkeping-keping, Yugoslavia terbelah, Timor Timur bebas dari genggaman NKRI. Tinggal tunggu waktunya bagi Papua bebas dari genggaman NKRI. Aceh bebas dari genggaman NKRI, Maluku bebas dari NKRI, Bali bebas dari NKRI, dan lain-lainnya. Lambat atau cepat, NKRI akan bubabr. Syukurlah kalau NKRI bubar 2015.

    thanks untuk komen anda🙂

    Like

  8. Tidak ada sesuatu yang abadi di dunia ini. Bumi berputar menghembuskan perubahan. Kerajaan Roma runtuh, Kerajaan Majapahit runtuh, Uni Sovyet pecah berkeping-keping, Yugoslavia terbelah, Timor Timur bebas dari genggaman NKRI. Tinggal tunggu waktunya bagi Papua bebas dari genggaman NKRI. Aceh bebas dari genggaman NKRI, Maluku bebas dari NKRI, Bali bebas dari genggaman NKRI, dan lain-lainnya. Lambat atau cepat, NKRI akan bubar. Syukurlah kalau NKRI bubar 2015. Silahkan kunjungi http://www.papuapost.com

    Like

  9. Tidak ada sesuatu yang abadi di dunia ini. Bumi berputar menghembuskan perubahan. Kerajaan Roma runtuh, Kerajaan Majapahit runtuh, Uni Sovyet pecah berkeping-keping, Yugoslavia terbelah, Timor Timur bebas dari genggaman NKRI. Tinggal tunggu waktunya bagi Papua bebas dari genggaman NKRI. Aceh bebas dari genggaman NKRI, Maluku bebas dari NKRI, Bali bebas dari genggaman NKRI, dan lain-lainnya. Lambat atau cepat, NKRI akan bubar. Syukurlah kalau NKRI bubar 2015. Silahkan kunjungi http://www.papuapost.com ottis_wakum@yahoo.com

    Like

  10. Hmmm… Ada benernya juga yang dikatakan Papua Merdeka. Tapi saya masih optimis dengan negeri ini yang akan segera berbenah diri dari segala macam ketidakadilan dan jauh dari kesejahteraan.

    Tidak berkeadilan misalkan karena pulau Jawa lebih dominan dalam hal pembangunan daripada pulau lainnya.

    Tidak berkesejahteraan karena nyatanya rakyat kita masih miskin, baik materi maupun mental.

    Tapi, saya yakin NKRI tetap utuh, insya Allah…

    semakin luas suatu wilayah maka kemungkinan sang penguasa untuk makin jauh dengan rakyatnya akan makin tinggi pula… adakah presiden indonesia yang dekat dengan rakyatnya sendiri dan pernah menikmati kopi dengan para tukang becak di pinggir jalan? BIla itu tak pernah terjadi, maka perpecahan itu justru datangnya bukan dari rakyat Indonesia tapi perilaku kekuasaan yang ada di Indonesia…

    Like

  11. Jika terjadi pemaksaan ideologi, Indonesia sudah pasti akan pecah…. ingat itu…

    Saya juga mau indonesia ini pecah. Saya bosan dipimpin orang2 munafik, orang yg mengaku2 agamanya kuat tapi sebenarnya lebih iblis dari iblis.

    Like

  12. kaum fundamentalis agama adalah akar masalah sesungguhnya jika mereka memaksakan kehendak untuk ideologinya maka lebih baik kita berpisah disini saja

    Like

  13. Tukang Ngarang, pasti pemimpin yang bisa ngopi bareng rakyat itu adalah Amien Rais, yang kau idolakan.

    Kampanye beliau dulu kan seperti itu: makan di warteg, ngayuh becak, iya kan? aku amati seperti itu meskipun cara itu tidak eye cathching, tidak elegan🙂

    Like

  14. jangan kuatir saya akan bangkit lagi agar bisa menyatuken daripada indonesia, apabila sampean semua tidak menjatuhken saya dan mengerti akan politik yg saya anut ! pasti tidak ada yg ingin merdeka mereka akan takut dari pada saya, semangkin kuat tekanan daripada saya akan semangkin aman he he he. indonesia sebetulnya sudah mulai bubar dan kacau semenjak saya diturunken he he he

    siapa yg ingin lihat zombie ….hihihihi

    Like

  15. Senadainya terjadi beneran segala yag di tuliskan bapak..mungkin juga akan lebih bagus..karena dari bencana itulah akan terjadi perubahan hebat bgi bangsa indonesia..khususnya perubahan mental untuk TIDAK SOMBONG terhadap dunia…itu kalo terjadi..lha kalo enggak terjadi ..tetep aja yang kaya makin kaya , yang miskin makin miskin…(kayak lagunya bang rhoma.. he..he….he… )

    Like

  16. Ngeri kalau bicara so’al kehancuran negeri ini.
    Wahai saudara-saudaraku seIndonesia, coba kita ingat sejenak, bagaimana usaha para pahlawan kita yang dulu rela mempertaruhkan segalanya untuk negeri ini? sebegitu murahnyakah mereka hingga sama sekali tidak di hargai? Atau karena kita yang terlalu egois?
    Bagaimanapun keadaannya, aku tidak akan rela bangsaku hancur…apapun yang akan terjadi kelak, Indonesia adalah satu!!

    Like

  17. PROTES!…..indonesia gak boleh hancur. Buat apa memangnya dihancurkaN?….ada ide?…Saya tak terima kalo indonesia dihancurkan!!…….jadi sekecil apa nanti indonesia dikecilkan?. Kenapap tidak menghancurkan *RUSSIA??*. atau *CHINA* .kan masih lebih besar daripada indonesia!. kalo dikecilkan terus. Ntar semakin tahun mau jadi makin kecil dan terus mengecil .Terus semuanya hancur. MAu tinggaL DimANA?

    ya kalau lemah, indonesia pasti hancur.😀

    Like

  18. Perlu digaris bawah bahwa , konsep federasi tidak sama dengan perpecahan. Karena pola pikir kita emang sejak dulu sudah dididik untuk alerg federasi. padahal Konsep federasi adalah jalan terefisien dan terbaik mambangun bangsa.

    blog.its.ac.id/firmangasa

    Like

  19. “Apa Indonesia pecah jadi jadi 17, sedangkan se gde gini ja masih blum kliatan, apa lagi klo sampe pecah jadi 17,”
    PROTES!…..indonesia gak boleh hancur. Buat apa memangnya dihancurkaN?….ada ide?…Saya tak terima kalo indonesia dihancurkan!!…….jadi sekecil apa nanti indonesia dikecilkan?. Kenapap tidak menghancurkan *RUSSIA??*. atau *CHINA* .kan masih lebih besar daripada indonesia.”

    Like

  20. orang jawa bilang,”nusantara bakal makmur,tentrem,adem,kuat,imbang,adil,santosa,lan jaya.nek wis liwat saka taun 2032″,”ning nusantara iki bvakal ana raja(saya lupa namanya) lan ratu adil sing bakal nyekeli kejayaane bangsa Indonesia iki,sing benr bakal bener lan sing salah bakal salah lan ilang saka nusantara iki”

    so, PEACE …

    Like

  21. saya sebagai orang jawakan pasti ada aura mistiknya… yakan???
    kata simbah saya ” mbesuk bakal ono raja utawa satrio piningit lan ratu adil sing bakal nyekel nusantara iki dadi dohdohane kapal ing jagad raya iki” seingatku sih kayak gitu…
    artinya : suatu saat ada raja atau satria piningit dan ratu adil yang akan memegang nusantara ini menjadi ( dalam bahasa jawa, arti dari dohdohane kapal ya mercusuar itu…) di jagad raya….
    simbah bilang lagi kayak gini :” nanging, kedadean kuwi bakal lan mesti kedaden nek nusantara iki wis nemoni pageblug sing rupa-rupa”
    artinya : tetapi, kejadian itu akan dan pasti terjadi jika nusantara ini sudah menemui (pagebluk=bencana) yang bermacam-macam…
    jadi tinggal kita nunggu aja tuh satria piningit dan ratu adil datang.
    simbah menambahkan kalau kejadian itu bakal terjadi pada generasi 16 (maksudnya pada generasi orang2 yang sekarang umurnya sudah mencapai 16 tahun).
    nuwun sewu lan matursuwun…..

    Like

  22. Indonesia TETAP BERSATU,TETAP KUAT..Buktikan bahwa kita bangsa INDONESIA bisa lebih maju dari bangsa Jepang..

    Untuk para remaja se-Indonesia saatnya kita bersusah-susahan dahulu dan pada akhirnya kita akan menikmati keberhasilan,setiap ada kemauan pasti apapun bisa kita capai. KERJA KERAS TERUS BANGSA INDONESIA-KU

    Like

  23. gwa ga suka indonesia terpisah….gwa baru ngerasain persaudaraan antara sesama pass gwa kuliah di jerman…
    dan ga tw knp gwa disini tuh ngerasa akrab azah sm robert (orang makasar) N mirza(orang riau) yg kebetulan se-university…
    kalo misalnya ada acara agama kita sering saling ngingetin…gwa sm mirza ngingetin s robert ke gereja…dan si robert jg suka ngingetin kita shalat!!..
    gwa tuh ngerasa sodara azah sm mrk…dan mereka pun ngerasa gitu!
    skg si robert masih nyeleseiin S3 disana,,mirza udah kerja di jakarta,,dan gwa di bursa,turkey…walaupun gitu kita masih azah sering webcam`an,,chatingan…dll

    dan kalian tahu apah??…orang asli sini banyak yg muji kesolideritasan kita loh…mereka nilei org indonesia tuh ramah2…

    Like

  24. funding lembaga si penulis jelas dr LN,beliau sadar atau tidak sadar sudah membawa kepentingan asing, saya yakin Indonesia tetap bersatu.sampai kapanpun,terkadang masalah demi masalah yang bangsa kita hadapi menjadi alasan pembenaran bahwa bangsa ini akan pecah, mereka lupa bahwa mayoritas rakyat Indonesia masih sangat sadar Indonesia akan tetap satu.

    mungkin.🙂

    Like

  25. hayo bersama-sama kita dukung pembubaran negara indonesia. setelah itu kita dirikan negara menurut keyakinan kita masing-masing. seperti ketika kita berdoa saat upacara. siapa ikut….

    Like

  26. indonesia bubar, kenapa tidak. malah lebih bagus kalau bubar. jadi daerah daerah tertinggal dan terpinggirkan bisa bebas dari penjajahan dari pulau jawa. sebab selama ini pembangunan hanya dilaksanakan di daerah jawa saja.

    kalau sudah soal pembangunan dan kemakmuran cuma masyarakat di pulau jawa yg disebut sebagai bangsa indonesia tapi kalau konflik dengan malaysia dan sikap nasionalisme semua suku disebut bangsa indonesia

    Like

  27. akibat pemerintah terfokus pada tujuan demokrasi aja, harusnya yang menjadi tujuan tuh kesejahteraan rakyat, bagaimanapun caranya, entah komunis, fasis, ato demokrasi. indpnesia gak bakalan bubar, coz belum sempet bubar alam semesta udah kiamat duluan !.

    Like

  28. Indonesia tetap bersatu tapi sebagai negara bagian, sungguh ide yang hebat. hampir tidak ada negara maju yang luasnya seperti indonesia. terlalu luas bola hanya dikontrol oleh satu pusat. Negara2 eropa juga negara maju lainnnya luas wilayahnya kecil2, jadi gampang di atur. tapi yang ditakutkan adalah, kodrat kita sebagai manusia tropis yang bisa dibilang pemalas kalau dibandingkan dengan mereka yang hidup di negara 4 musim, apakah mampu membawa kita pada kemajuan peradaban hidup seperti negara maju lainnya. atau jangan-jangan akan lebih parah, karena sudah miskin, malas, wilayah kekuasaan yang kecil, dan semakin tidak dianggap keberadaannya oleh negara2 yang sudah maju terlebih dahulu. contohnya, negara2 di benua Afrika. Hidup adalah persaingan, yang pintar dan berani bersaing lah yang akan menang dan menikmati kehidupan yang wajar sebagai seorang manusia. mau seperti apapun sisitem sebuah negara klo tidak bisa dan mau bersaing, akan tetap saja menjadi negara tertinggal seperti negara indonesia kita ini. thx

    Like

  29. yang tidak mau Indonei bubar hanya orang Jawa saja kok. Mereka sudah berhasil menyebarkan penduduknya ke seluruh nusantara dan berhasil jadi kaya serta menguasai aumberdaya alamnya, tentulah orang Jawa tidak rela Indonesia bubar, tapi bagi suku bangsa diluar jawa sangat menginginkan Indonesia bubuar termasuk saya. Sebab saya orang Kalimantan, sumberdaya alam kami sejak jaman Soeharto habis dikeruk sampai jaman reformasi ini. Jadi kami dimiskinkan dan direndahkan ditanah kami sendiri, jadi serentak kami orang Kalimantan khususnya yang bukan pejabat dan bukan orang kaya menuntut merdeka dari Indonesia.
    Satria peningit yag dikatakan itu tidak lain adalah orang Jawa lagi yang memimpin Indonesia. Orang Jawa tidak akan bisa menerima kalau Indonesia dipimpin oleh suku yang bukan jawa paling tinggi hanya menjadi wakil presiden saja.
    Sok hebat ngomongin Obama di Amerika Serikat tetapi dirinya sendiri tidak berkaca bahwa dirinya sebagai orang Jawa dan bangsa Indonesia tidak berlaku adil layaknya Obama di Amerika Serikat. Orang Jawa tidak besar hati menerima pemimpin yang bukan Jawa. Disitulah akarnya.

    “…Orang Jawa tidak besar hati menerima pemimpin yang bukan Jawa….” itu inti dari komen ini ya😉

    Like

  30. Kalau Indonesia mau menjadi negara kuat dan hebat, jadikan Indonesia ini Federasi jadi kita masing-masing suku bangsa berlomba membangun daerahnya agar menjadi dikenal.
    Saya lihat pemerintah pusat memang tidak menginginkan federasi sebab mereka akan kehilangan milyaran dolar uang dari daerah. Mereka tamak dan tidak mau hanya mendapatkan sebagian kecil dari daerah sebagai pajak negara federasi kepada pusat.
    Itu kunci Indonesia apakah masih mau ada atau bubar.

    vote 4 federal!😉

    Like

  31. orang goblok yg bilang indonesia itu == jawa, jelas2 orang sunda/jawa tengah/DIY itu dibawah tekanan orang jawa timur==NU yg memang kuat sekali persaudaraannya. you name it : sukarno,mega,gusdur,sby where they coming from ?
    suharto jadi presiden karena kudeta, bukan karena dipilih rakyat.

    amien rais n sultan from DIY is just a clueless loser…

    habibie…failed to build nation and nurtanio

    NKRI tidak akan bubar paling tidak untuk 50 tahun ke depan, karena faktanya adalah masing2 provinsi tidak memiliki senjata militer secanggih yg di miliki TNI, so gimana mo perang ? papua koteka merdeka ? lol in your dream lah…DIY mau pisah ? lol..itu sultan goblok ngambekan, Indramayu sarang pecun bikin NII lol, Indonesia == NU == east java, majapahit pecah karena konflik internal bukan karena kalah perang, intinya tunggu aja ya sampe rakyat jawa timur pecah ato perang sodara…mungkin hari itu indonesia bubar!

    Like

  32. Menurut saya NKRI akan bisa bertahan lama, sebab ditimbang dari semua sudut, NKRI memiliki banyak keunggulan dibanding negara-negara lain di dunia. Kita hanya menunggu seorang atau sekelompok orang yang dapat memimpin negeri ini. Mereka adalah orang-orang yang berjiwa patriotik, yang memikirkan bangsanya dengan segenap jiwa dan raganya.
    Bersabarlah saudara-saudaraku, bukankah munculnya seorang juara harus mengalami latihan-latihan yang keras. Dan kisah orang sukses selalu diawali dengan kesulitan dan kegagalan yang berulang kali terlebih dahulu.
    Sudah menjadi hukum alam semakin berat kesusahan yang dialami bangsa Indonesia maka kesuksesan yang akan diperolehpun semakin berbobot.
    Dan semakin terasa berat beban yang bangsa Indonesia rasakan maka kesuksesan itu sudah semakin dekat pula…

    berarti ada kmungkinan bubar…😀

    Like

  33. Makanya….Jawa,Bali,Madura Di buat menyatu oleh Orang Jawa…
    Untuk mengantisipasi trjadinya hal ini…
    kekayaan Alam Daerah lain K jawa…Membuat Pulau jawa kuat…Baik pndidikn infrastruktur,militer di bndingkan pulau2 lain…apakah kalian tak menyadari wahai teman2 pulau lain… kita sekarang di jajah saodar sendiri

    Like

  34. klo indonesia ingin tetap bersatu, yg menjadikan seorang pemimpin itu tdk berdasarkan “like in this like”, cobalah belajar menerima, berlaku adil untuk semua bangsa ini, klo kita lihat yg jdi pemimpin di negara ini hanyalah dari pulau jawa saja, klo bangsa ini memang msh ingin bersatu, tdk melihat dari manakah mereka berasal yg terpenting adalah keadilan bagi seluruh rakyat indonesia…

    Like

  35. Jepang satu tapi mampu menjadi negara maju, begitupun dengan korea yang terbagi menjadi 2’pun mampu, negara-negara di eropa meski wilayahnya kecil tapi mampu,
    Sedangkan indonesia berbagai macam suku bangsa tapi bukanlah negara maju,
    JADI setiap suku bangsa di nusantara bisa menentukan negaranya sendiri-sendiri, atau bisa mandiri,
    Jadi jangan salahkan jika ada orang atau kelompok/para pihak-pihak yang meminta untuk merdeka atau me
    nginginkan pisah dengan NKRI, tanpa senjata mereka bukan pemberontak, bukan kriminal, (semoga kalian mengerti)

    NEGARA PASUNDAN

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s