Umat Yang Aneh


Assalamualaikum.

Aidil Adha hari pertama sudah berlalu. Kalau tak kiamat, pastilah pada 25 Desember, umat kristiani akan merayakan Natal. Seminggu kemudian, Tahun Baru Masehi pun menjelang, 2009. Umur pun bertambah, itu yang pasti. Yang tak bisa dijamin, apakah ilmu dan rezeki juga bakal bertambah.🙂

Soal penanggalan, Islam saat ini, memang kalah berat dengan kalender gregorian. Kalender hijriah, sangatlah langka. Entah apa sebabnya. Luar biasa susahnya mencari kalender hijriah dijual di pasaran, bukan?

Saya berandai-andai jikalau kalender hijriah ini lebih digunakan, maka umat Islam tak perlu berkelahi ketika menetapkan tanggal hari raya. Heran betul saya, di kalander masehi, tanggal hari raya sudah bisa ditetapkan. Padahal, umat Islam harus susah-payah dulu menetapkan jadwal hari besar.

Misalnya jadwal Aidil Fitri. Islam harus membongkar hisab dan rukyah. Kemudian, bila pun sudah ketemu hasil, umat masih perlu keputusan politik, melalui ketetapan pemerintah. Jangan lupakan, pada saat itu akan keluar “ancaman”, wajib hukumnya menaati menaati pemerintah alias ulil amri. Hanya umat yang cerdas akan bertanya, apakah wajib hukumnya menaati pemerintah yang zalim dan bodoh (jahil).

Sayang, kebanyakan umat kita lebih sering dibodoh-bodohi oleh pemerintah. Kita tak pernah bertanya, malah kita lebih sering menghukum orang y ang tak sejalan dengan pemerintah.

Ini bukan soal beda itu adalah rahmat atau tidak, karena jamaah itu sudah pasti rahmat. Kalau ada orang yang memuja perbedaan padahal kesatuan adalah sebuah kemungkinan besar, ini luar biasa anehnya.

Aneh betul umat islam ini.

* * *

foto: http://www.harunyahya.com/indo/buku/images_books/images_atom/atom102a.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s