FPAN DPR: SBY-Kalla Gagal!


Jakarta – Meski pemerintah mengklaim angka kemiskinan menurun akibat sektor makro ekonomi membaik, FPAN tetap menilai pemerintah gagal menyejahterakan rakyat. Buktinya, angka kemiskinan riil di lapangan makin bertambah. 

Hal ini terlihat dari rendahnya daya beli masyarakat akibat inflasi yang membumbung tinggi.

“Kegagalan tersebut tercermin dari tingginya tingkat kemiskinan. BPS mengklaim jumlah penduduk miskin tahun 2007 menurun, tapi tidak didukung data di lapangan,” kata Ketua FPAN DPR Zulkifli Hasan dalam jumpa pers akhir tahun di Pulau Dua, Senayan, Jakarta, (17/12/2007)

Selain meningkatnya orang miskin, kegagalan pemerintah juga dapat dilihat dari lemahnya keberpihakan pemerintah dalam pengembangan sektor riil. Akibat kebijakan yang hanya memprioritaskan pengembangan ekonomi yang berpihak pada korporasi besar, investor asing dan sektor keuangan, mayoritas masyarakat yang ingin maju dengan usaha kecil-menengah jadi mati.

“Ini yang membuat rakyat semakin sengsara karena tumbuh mal-mal besar, ada Carrefour, Giant di mana-mana. Sementara sektor riil yang paling banyak menyerap tenaga kerja malah tidak diperhatikan,” tambah Zul.

Sementara anggota komisi keuangan DPR Drajat Wibowo menegaskan, selain berdasarkan survei internal PAN, melonjaknya angka kemiskinan juga dapat dilihat dari hasil kunjungan kerja anggota FPAN DPR ke daerah pemilihannya masing-masing. Atas dasar itu, pemerintah diminta tidak lagi hanya mengumbar janji.

“Kesimpulan pemerintah itu gagal, selain survei juga dari hasil kunker anggota ke daerah. Rakyat semakin sulit akibat kebijakan pemerintah yang amburadul,” cetusnya.

* * *

sumber: Muhammad Nur Hayid/detikcom,

foto: http://www.presidenri.go.id/imageD.php/299.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s