DPRD Sumut Belum Ingin Cagubsu Debat Publik


Berastagi – Dari 9 rekomendasi hasil Rapat Kerja (raker) DPRD Sumut, tampaknya belum ada niat dari DPRD Sumut untuk melakukan debat publik para calon gubsu mendatang. Rekomendasi pertama yang menyangkut soal pilgubsu mendatang, hanya berisi soal lama yaitu kewajiban adu visi-misi program kerja sama seperti format pilgubsu sebelumnya.

Rapat kerja DPRD Sumut itu berlangsung selama 3 hari (Jumat – Minggu 14 -16/12) di Hotel Sibayak Berastagi.

Demikian kesimpulan yang diperoleh dari penjelasan pers yang diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Sumut H Ali Jabbar Napitupulu, Wakil Ketua H Hasbullah Hadi SH SPn, Japorman Saragih, Zakaria Bangun SHMH (F-PDIP) dan Fahrizal Dalimunthe SAg (F-PPP).
Sesuai dengan PP No 6 tentang Pilkada Gubernur, Cagubsu/Cawagubsu wajib menyampaikan visi-misinya di depan rapat paripurna dewan. Sebelum acara ini digelar, dewan akan menyurati Gubsu menyangkut akhir masa jabatanya pada Juni 2008.

Rekomendasi yang kedua, soal krisis listrik di Sumut, DPRDSU mendesak Pempropsu mendirikan pembangkit listrik ukuran kecil yang anggarannya dari APBD Sumut atau dengan penyertaan modal kepada pihak ketiga.

Ketiga, menuntut pemerintah pusat supaya menyisihkan sebahagian pajak ekspor komoditi perkebunan,seperti karet, kelapa sawit dan produk turunannya. Keempat, pengawasan khusus terhadap penegakan hukum guna melestarikan hutan lindung dan hutan konservasi di Sumut.

Kelima, menyangkut kualitas proyek yang dibiayai APBD Sumut serta menjaga kualitas proyek, ditargetkan tender proyek fisik pada APBD TA 2008 harus sudah selesai ditender 3 bulan setelah APBD disahkan menjadi Perda.

Raker juga merekomendasaikan untuk meniadakan acara-acara seminar yang selama ini dilakukan komisi-komisi sekaligus menghapus anggarannya di APBD. Dewan akan mencari kegiatan lain yang lebih efektif dan bermanfaat.

Selain itu, Raker juga merekomendasikan agar rencana pembahasan Ranperda diawali pembicaraan dengan Panitia Musyawarah, sehingga segala masukan-masukan dapat difilter apakah layak diterbitkan Ranperda itu atau tidak.

* * *
Sumber: hariansib.com (17/12/07)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s