Bahan Bakar Nuklir dari Rusia Tiba di Iran


Teheran-Pemerintah Iran kemarin menantang tetap ingin melanjutkan program pengayaan uranium di bumi Iran sendiri untuk memproduksiUranium bahan bakar nuklir, walaupun pengiriman bahan bakar dari Rusia untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir pertamanya telah datang.

Menurut organisasi energi atom Iran, Gholam Reza Aghazadeh, Iran perlu membuat bahan bakar nuklir untuk satu PLTN yang tengah dibangun dan bakal tak menyerah atas permintaan kekuatan besar.

Beberapa jam sebelumnya, Rusia mengumumkan telah mengirim pengapalan bahan bakar nuklir pertama kalinya untuk PLTN pertama Iran, yang dibangun kontraktor Rusia di selatan kota Bushehr.

“Kami telah membangun reaktor nuklir untuk listrik 360 Megawat (MW) di Darkhoyen di provinsi bagian barat, Khuzestan,” kata Aghazadeh di televisi pemerintah. Beberapa waktu lalu para pejabat telah mengatakan para insinyur Iran telah memulai pembangunan sebuah reaktor baru untuk listrik 360 MW, tapi kali ini lokasinya diungkap.

Aghazadeh berkukuh bahwa bahan bakar untuk PLTN itu bakal dipasok dari fasilitas pengayaan uranium di pusat kota Natanz, yang diinginkan Barat segera ditutup. “Bahan bakar untuk PLTN (Darkhoyen) harus dari Natanz,” jelasnya.

* * *

sumber: AFP/BBC/dwi/tempointeraktif (update 18/12/07)

foto: http://library.thinkquest.org/05aug/00461/images/uranium.jpg 

14 thoughts on “Bahan Bakar Nuklir dari Rusia Tiba di Iran

  1. Salam dari kami kalau bisa buat apa perang lebih baik damai .apa artinya perang kita juga sama sama manusia sama sama ciptaan yang KUASA .kita adalah saudara mari kita selesaikan masalah kita dengan santai dan lancar .itu saran saya kasian anak cucu kita sama seperti merawat lautan batu karang.kalau kita kehilangan bibitnya maka kita kehilangan semuanya .MARIU KITA BERDAMAI KALAU BISA KITA KERJA SAMA DENGAN SEBAIK BAIKNYA TRIMAKASI TANK YOU MATURNUWON

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s