70 Desa se-Langkat Serentak Lakukan Pilkades


Langkat-Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (PMDK) Kabupaten Langkat akan melaksanakan pemilihan 70 kepala desa (Kades) secara serentak. Pilkades direncanakan berlangsung pada Selasa (18/12).

“ Sebelum pemilihan dilakukan, para calon Kades (Cakades) akan dilatih dan dibekali ilmu pengetahuan yang akan maju pada pemilihan nanti,” kata Kasubdis Pemerintah Desa PMDK Kab Langkat H Ruslan kepada wartawan di sela-sela pelatihan para Cakades, Kamis (13/12).

Pelatihan yang dilakukan katanya, meliputi uji kemampuan baik lisan maupun tulisan dengan materi ilmu pembangunan, pemerintahan dan ideologi. “Kita tidak inginkan para kepala desa yang terpilih nantinya tidak mengetahui nama-nama pejabat negara dan sistem pemerintahan kita,” tambahnya sambil menuturkan dana pelatihan tersebut bersumber dari dana APBD 2007 ini.

Sedangkan pada pemilihan nantinya, Pemkab Langkat hanya sebagai pemantau dan pelaksanaan di serahkan kepada pemerintah desa. Panitia pemilihan dibentuk oleh perangkat desa seperti BPD, LMPD dan tokoh masyarakat pada masing-masing desa.

Lebih lanjut diungkapkan, Cakades yang akan maju dalam pemilihan Kades akan menanggung seluruh biaya pemilihan seperti biaya alat peraga, honor saksi dan panitia pemilihan. (M27/h)

* * *
sumber: hariansib.com (17/12/07)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s