PDIP Sumut (Masih) Solid, Rebutan Balon?


Medan-PDI P Sumut menyediakan perahu paling solid menjelang pilgubsu 2008 mendatang. Pasalnya, hanya PDIP-lah yang hingga saat ini diberitakan belum mengalami perpecahan secara nyata dipermukaan.

Seperti diketahui, Golkar diberitakan retak dengan hanya mengusulkan calon tunggal, Ali Umri. Kader senior partai seperti Abdul Wahab Dalimunthe, HT Milwan, Rambe Kamaruzzaman dan lainnya diinformasikan merasa dilangkahi oleh Ali Umri. Ketiga nama kader Golkar tersebut di atas kemudian memang mendaftar sebagai balon gubsu di partai lain. Anehnya, Ali Umri sendiri melamar ke PAN Sumut, walau ia kemudian kalah di partai matahari itu.

Sementara itu, partai lain yang memang harus berkoalisi, harus menghadapi konflik internal dan gesekan ketika berkoalisi. Masing-masing partai, walau tahu diri tak memajukan kadernya di bursa balon Gubsu, tapi kelihatan cukup berebut di posisi wagubsu. Hasrul Azwar di PPP, Ibrahim Sakti Batubara di PAN, Sigit dan Gatot di PKS, Banuaran Ritonga di PBB dan seterusnya.

Begitupun, PDIP bukan tak kering tokoh. Sejumlah nama pejabat sipil dan militer, nasional maupun lokal, ikut meramaikan bursa pilgubsu dari PDIP. Tak kurang 27 orang mengambil formulir. 9 nama mengambil formulir gubsu dan 18 orang formulir wakil gubernur.

Mantan Ketua Komisi IX DPR-RI dan Ketua Panitia Anggaran, Benny Pasaribu, pun turut mendaftar. Benny sendiri merupakan pengurus di DPP PDI P. Tokoh lain yaitu Chairuman Harahap dan Ketua PDIP Sumut sendiri (sekaligus gubsu sekarang), Rudolf M Pardede.

Dari kalangan militer, nama Letnan Jenderal Cornel Simbolon yang saat ini masih menjabat Wakil Kepala Staf TNI AD juga ikut bermain. Nama lain seperti mantan Komandan Korem Pantai Timur Kodam I Bukit Barisan Brigjen TNI (Purn) Machfud HW, Pdt Immanuel G Munthe dan Alamsyah Hamdani yang juga Sekretaris PDI Perjuangan Sumut.

Wakil Ketua PDIP Sumatera Utara Bidang Informasi dan Komunikasi Effendy Naibaho mengatakan Letjen Cornel Simbolon telah mendaftar di DPP PDIP sebagai calon gubernur.
“Nama-nama yang mendaftar, baik sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur akan dibahas dalam rapat kerja khusus yang dijadwalkan akhir bulan ini sebelum diserahkan ke DPP,” kata Naibaho pada Kamis (13/12) lalu.

Keputusan akhir calon Gubernur Sumut yang diusung PDIP baru akan ditentukan akhir Desember 2007 hingga awal Januari 2008. PDIP mentargetkan perolehan suara 40 persen. PDIP sendiri memperoleh 13 kursi dari 85 kursi di DPRD Sumut dan itu berarti 15 persen sehingga bisa mengajukan secara tunggal.

Selain PDIP, di Sumut Partai Golkar yang juga dapat mencalonkan secara tunggal karena memiliki keterwakilan 19 kursi di DPRD. (*)

* * *

foto: http://www.balitbangpus.com/logo.JPG 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s