Tol Medan-Kualanamu Februari 2008


Jakarta – Walau disangksikan banyak kalangan, Bandara Kualanamu tetap ditargetkan dioperasikan pada 2009. Sejumlah infrastruktur pun mulai dibangun untuk mendukung bandara pengganti Polonia itu. Di antaranya, jalan tol Medan-Kualanamu pada Februari 2008 mendatang.

“Kita akan membangun jalan tol dari Medan ke Kualanamu pada Februari 2008,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (14/12/2007).

Djoko menjelaskan, saat ini tender pembangunan jalan tol itu sudah selesai. “Begitu juga dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA),” jelasnya.

Menurutnya, jalan tol tersebut akan dibangun dengan panjang 14,5 km. “Dananya kira-kira Rp 206 miliar,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun jalur arteri jalan raya dari Medan ke Kualanamu. “Itu sudah dianggarkan dan harus selesai sebelum Bandara Kualanamu berdiri pada akhir 2009,” ujarnya.

Kepala Bapeda Sumatera Utara RE Nainggolan menambahkan, pihaknya siap membantu rencana tersebut. “Kita akan membantu mengenai pembebasan laghannya. Dananya akan diambil dari APBD sebesar Rp 40 miliar,” ujarnya.

Pemprov Sumut, lanjut Nainggolan, juga akan membangun railway. Bandara ini akan menjadi bandara pertama yang menggunakan railway,” jelasnya.

Menurutnya, pembangunan railway ini juga akan menggunakan dana dari APBD. “PU juga akan membantu pembangunan ini,” pungkasnya.

***

sumber: Arry Anggadha/detikcom (14/12/07) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s