Magna Charta Dipamerkan


Oxford – Empat duplikasi resmi Magna Carta, salah satu dokumen penting dalam sejarah demokrasi, dipamerkan untuk pertama kalinya untuk publik dalam 800 tahun di Universitas Oxford, Inggris.

Pameran yang hanya dibuka untuk 1 hari dan dalam penjagaan ketat itu dipusatkan di Perpustakaan Bodleian untuk memuaskan rasa ingin tahu pengunjung.

Ini adalah kali pertama 4 lembaran Magna Charta dipamerkan secara bersamaan. Manuskrip abad ke-13 itu selama ini disimpan di Bodleian, sementara 13 duplikat resmi lainnya beredar di dunia. Magna Carta

Dalam berita yang dilansir AFP, Rabu (12/12/2007), pameran itu dilangsungkan menjelang lelang benda berharga tersebut minggu depan di rumah lelang Sotheby di New York. Tadinya duplikasi resmi Magna Carta itu adalah milik milioner AS sekaligus mantan calon presiden Ross Perot.

Duplikat Magna Carta tersebut tertanda tahun 1297 dan dikeluarkan oleh raja Edward I, tatkala masih menjadi bagian dari hukum Inggris. Perot biasa memajangnya berdampingan dengan dokumen asli US Declaration of Independence.

Magna Carta atau piagam kemerdekaan Inggris disetujui oleh raja John di Runnymede, London barat pada 15 Juni 1215 dan berlaku selama abad ke-13. Piagam ini sangat efektif untuk mendamaikan raja-raja kecil dengan para tuan tanah yang sering terlibat konflik kala itu.

===

sumber: AFP/detikcom

foto: http://www.archives.gov/exhibits/featured_documents/magna_carta/images/magna_carta.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s